Makna Buka Puasa Bersama Adalah Menyambung Tali Silaturahmi Antara Sesama Golongan

IMG-20160624-WA0016

Suasana karyawan saat menunggu berbuka puasa

BATAM, Kepritoday.com – Bulan ramadhan adalah bulan yang mendatangkan keberkahan bagi seluruh umat manusia yang ada dibelahan muka bumi ini, keberkahan bulan mulia itu dimanfaatkan oleh hampir semua pelaku usaha untuk meraih keuntungan dan barokahnya Ramadhan, misalnya, Restoran, Hotel, Mall yang ada di Batam khususnya dan Kepri umumnya.

Pada Bulan penuh berkah ini, mereka berlomba-lomba memberikan kesempatan bagi yang berpuasa dengan cara memberikan tawaran pilihan menu menarik seperti ta’jil bervariatif dan harga yang kompetitif terjangkau, dan tak ketinggalan masyarakat juga tak mau ketinggalan berjualan buka puasa atau ta’jil di pinggir jalan mencari berkahnya.

Kegiatan buka puasa bersama tampaknya sudah menjadi trend dari semua golongan, tradisi pada banyak kalangan. Mulai dari buka bersama keluarga besar, kawan, teman sekantor, kolega atau pun group komunitas tertentu. Dan biasanya acara buka bersama ini berlangsung direstoran atau mall bahkan dihotel, namun, acara buka puasa bersama juga dapat lebih menyambung rasa kekerabatan, kekeluargaan jika dilaksanakan dirumah.

Momentum buka puasa bersama ini bukan hanya acara rutinitas saja, namun lebih jauh agar makna dari ibadah puasa dibulan Ramdhan ini untuk meningkatkan kualitas keimanan bagi yang melaksanakannya dengan penuh ikhlas selain itu menekankan semoga umat beragama bisa meningkatkan kualitas kerukunan beragama sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

IMG-20160624-WA0015

Pemberian santunan kepada anak yatim piatu

Kegiatan buka bersama bukan hanya semata-mata kegiatan rutinitas yang biasa dilaksanakan tiap datangnya bulan Ramadhan tiap tahunnya, namun buka bersama kali ini mempunyai makna yang penting yaitu silaturahminya.

Tujuan buka puasa bersama bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama teman sekerja, namun lihatlah ini sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh misalnya. Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim, seperti berikut ini:

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

“Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Dari Abu Bakroh, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

“Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)

Abdullah bin ’Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا

”Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)

Jadi marilah kita perbaiki pandangan kita mengenai buka puasa bersama yaitu dengan niat ikhlas untuk menjalin silaturahmi.

Manfaat berbuka puasa bersama jika kita cermati tenyata tradisi ini juga memiliki manfaat bukan hanya bagi orang yang berpuasa saja namun juga bermanfaat bagi orang lain. Adanya ajang kumpul-kumpul ini mestinya dimanfaatkan pula untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan kegiatan ibadah secara kolektif, seperti mengumpulkan zakat dan menyalurkannya ke wadah yang membutuhkan.

Dengan demikian, kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan diharapkan untuk bisa terus eksis. Alangkah lebih baiknya apabila buka puasa bersama di bulan suci Ramadhan ini juga ditingkatkan kwalitasnya dan bisa di nikmati umat dalam skala yang lebih luas.

Semoga ibadah puasa kita menjadi lebih sempurna dari tahun-tahun sebelumnya. Amiin (andri)

Top