Jalasenastri Korcab IV DJAB, Laksanakan Tanam Bersama Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional.

26
Gerakan Tanam Bersama Jalasenastri Armada Barat Korcab IV di Mako Lanal IV Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Ketua Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada Barat (DJAB) Nelly Irawan bersama pengurus Jalasenastri Korcab IV melakukan gerakan tanam bersama dalam rangka mendukung program pemerintah dan ketahanan pangan nasional, Sabtu. (18/3).

Sebelumnya, beberapa lahan yang akan dijadikan obyek penanaman yang terletak di Mako Lantamal IV dilaksanakan mengujian kandungan humus dan Ph oleh Departemen Pertanian, sehingga dipililah tanaman yang paling cocok untuk dikembangkan adalah cabai dan beberapa sayuran.

Selain itu, Ibu-ibu yang tergabung dalam Jalasenastri Korcab IV, saat ini juga telah mengembangkan budi daya tanaman obat, baik yang ada dikomplek maupun lahan-lahan tidur kini dapat dimanfaatkan untuk penanaman tanaman yang bermanfaat untuk keluarga.

Menurut Ketua Korcab IV DJAB, Nelly Irawan, sasaran dari program gerakan tanam bersama dalam rangka mendukung program pemerintah dan ketahanan pangan nasional diharapkan untuk meningkatkan pemberdayaan ibu-ibu Jalasenastri dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga prajurit.

“Saat ini beberapa terobosan baik sedang maupun akan digalakkan Jalasenastri korcab IV adalah pemanfaatan lahan-lahan ada dikomplek-komplek perumahan TNI AL, diantaranya dengan sistim penanaman yang menggunakan media polibek ataupun hidroponik, sehingga para ibu-ibu dan keluarga prajurit tidak lagi harus membeli sayur dan bumbu-bumbu dipasar, tetapi dapat mensiasatinya dengan sistim tanam seperti ini,” kata Nelly.

Tidak hanya itu, Jalasenastri Korcab IV saat ini telah memiliki 2 kolam pengembangbiakan ikan lele dan sudah beberapa kali dipanen dengan hasil yang cukup mengembirakan sehingga hal inilah memicu semangat ibu-ibu Jalasenastri untuk terus mengembangkannya.

Untuk itu Nelly Irawan mengharapkan agar ibu-ibu Jalasenastri Korcab IV agar terus mengembangkan inovasi dan terobosan sehingga Ibu-ibu Jalasenastri bukan hanya menjadi penonton tetapi menjadi pelaku didalam meningkatkan gerakan tanam bersama dalam rangka mendukung program pemerintah dan ketahanan pangan nasional. (RZA)

Comments are closed.