Babinsa Serda Hendry : “Semoga Tidak Ada Lagi Perseteruan Antar Nelayan Tradisional dan Modern”

NATUNA, KEPRITODAY.COM – Adanya perseteruan antar nelayan tradisional dengan nelayan modern kerap terjadi.

Pembagian wilayah tangkap ikan pun terkadang tidak jarang kita temukan, akibat adanya perseteruan antar nelayan tersebut.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Serasan Timur, Babinsa Koramil 06/Serasan Serda Hendry Purwanto turut membantu memediasi perundingan nelayan lokal dan nelayan pukat luar yang beroprasi terlalu dekat di daerah perairan Pulau Serasan. Kamis, (26/11/2020).

Dalam hal ini Babinsa Serda Hendry sebagai penegah agar nelayan lokal tradisional dan nelayan luar yang memakai pukat dapat mencari rejeki di laut bersama-sama tanpa ada perseteruan, sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Diketahui, nelayan Desa air Nusa Kecamatan Serasan Timur meminta kepada kapal pukat luar untuk beroprasi agak jauh sekita 12 mil dari bibir pantai pulau terluar sehingga tidak menganggu / merusak Rumpun yang telah di labuhkan oleh warga.

“Kami berharap setelah diadakan mediasi dan perjanjian ini tidak ada kapal kapal pukat luar yang beroprasi terlalu dekat dengan pulau pulau, dan tidak ada lagi perseteruan”, ujar Serda Hendry.

Ditempat terpisah Komandan Kodim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan,SH.M.Han mengatakakan Babinsa Cegah dini kejadian yang berlangsung secepat nya di mediasi sehinga tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan , nelayan yang bertikai agar bisa di ambil jalur tengah antar warga agar aman dan nyaman dalam mengais rezeki bersama sama di laut natuna.

“Saya ( Babinsa ) Bersama kades di 4 desa di serasan timur kami melaksankan mediasi melaksanakan prosedur yang berlaku memangil Babinpotmar ,Babinkamtibmas agar mengetahui membantu nelayan lokal dengan memberikan pemahaman kepada kapal pukat dari luar agar mereka mentaati aturan agar tidak terlalu dekat dengan pulau kita sehingga tidak merusak rumpung buatan nelayan lokal”, ujarnya.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan kegiatan ini merupakan Kebijakan dan Perintah Pangdam 1/BB Mayjen TNI Hasanudin S.I.P yang disampaikan kepada Danrem 033/Wp Brigjen TNI Harnoto S.sos Babinsa Temu Cepat Lapor Cepat setiap kejadian yang ada di desa binaan nya sesegera mungkin memediasi agar tidak berkembang dan dapat di netralisir agar tidak timbul hal hal yang tidak kita inginkan .

Dari Natuna untuk Indonesia Kodim Natuna.

Comments (0)
Add Comment