Yayasan Bangun Sriya Gelar Fardu Khifayah Cara Memandikan dan Mengkafani Jenazah

Ketua Yayasan Bangun Sriya, Fiman Nugrajanto saat memberikan kata sambutan dalam acara Pelatihan Fardu Khifayah Cara memandikan dan mengkafani Jenazah

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Yayasan Bangun Sriya (YBS) Tanjungpinang, gelar Pelatihan Fardu Khifayah, cara memandikan dan mengkafankan jenazah, di aula kantor YBS, Jalan WR Supratman, Komplek Biram Dewa, No. 8 – 9, Simpang Lima Melayu Kota Piring, Tanjungpinang. Sabtu. (25/02).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Lurah Air Raja, Ketua Rt setempat serta belasan peserta, baik dari anggota Yayasan Bangun Sriya maupun masyarakat awam yang belum paham cara memandikan dan mengkafankan jenazah.

Pelatihan ini menghadirkan instruktur dari Ikatan Dai Indonesia dan Salimah Kepri. Dua instruktur ini diharapkan mampu membagi ilmunya secara luas pada peserta pelatihan. Kegiatan Fardu Khifayah ini dimulai pada pukul 08.30 Wib sampai selesai.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Bangun Sriya (YBS), Fiman Nugrajanto mengatakan, dalam kegiatan ini, kita hanya fokus cara memandikan dan mengkafani jenazah, agar peserta dan warga yang ikut dalam pelatihan ini mengetahui secara jelas tahapan – tahapan cara memandikan serta mengkafani jenazah.

“ Dalam memandikan dan mengkafani jenazah, masih banyak yang belum mengetahui tahapan – tahapannya, maka dari itu, Yayasan Bangun Sriya melaksanakan kegiatan fardu khifayah yang sangat penting ini.” Ujar Fiman.

Beberapa peserta pelatihan saat praktek cara mengkafani jenazah

Sementara itu, Instruktur pelatihan menjelaskan tahapan – tahapan cara memandikan jenazah dan cara mengkafani jenazah, serta mempraktekan cara mengkafani jenazah secara menyeluruh dari awal sampai akhir mengkafani jenazah.

Untuk mengkafani jenazah laki-laki, bentangkan tiga lembar kain kafan yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dengan cara disusun, kain yang paling lebar diletakkan dipaling bawah. Tapi, kalau ukuran lebar kain sama, geserlah kain yang ditengah kekanan sedikit dan yang paling atas kekiri sedikit atau sebaliknya.

“ Yang kita pelajari sekarang adalah untuk jenazah laki-laki, bentangkan tiga lembar kain kafan yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dengan cara disusun, apabila ukuran kain sama lebarnya, geserlah kain yang ditengah kekanan sedikit dan yang paling atas kekiri sedikit atau sebaliknya.” Jelasnya.

Dari pelatihan ini, Instruktur pelatihan mengharapkan kepada teman-teman yang mengikuti kegiatan ini paham, bagaimana cara memandikan jenazah dan mengkafani jenazah, karena ini sangat penting untuk kita ketahui. Ujarnya. (djo)