Wawan Gunawan : “Manfaatkan Momen Ramadhan Untuk Meningkatkan Nilai Ibadah, dan Wisata Religi Pesona Indonesia”

Wawan Gunawan, Kabid Promosi dan Budaya Nusantara Kementerian Pariwisata RI, saat memberikan keterangan persnya di acara kenduri ramadhan Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Kenduri Ramadhan yang dilaksanakan pada hari Minggu (11/06/2017), di masjid Al Mujahidin Perumahan Gardan Ayu Pusata (GMP) Tanjung Piayu Sei Beduk Batam mengundang duet penceramah Ustadz Dadan Muliawan dan Ustadzah Witrin Al Justy dari Jakarta.

Kenduri Ramadhan ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata RI yang merupakan salah satu program religi wisata pesona Indonesia,yang bertujuan untuk menarik kunjungan wisatawan negara tetangga maupun domestik atau lokal.

“Momen bulan ramadhan adalah saat yang tepat untuk menarik wisatawan lokal, maupun luar terutama Batam,dan masyarakat Batam diharapkan mampu memanfaatkan momen ini sebagai objek wisata religi, terutama  dalam menjalankan dan meningkatkan ibadah,”kata Wawan Gunawan, Kabid Promosi dan Budaya Nusantara Kemenpar RI.

“Kegiatan kenduri ramadhan seperti yang dilaksanakan di masjid ini,salah satu program pesona Indonesia yang digelar di berbagai kota di seluruh Indonesia,”kata Wawan.

Wawan menjelaskan lagi,pemerintah selama ini terus berupaya membesar-besarkan sektor pariwisata, namun tidak berpatokan kepada keindahan alam semata ciptaan manusia,tetapi tempat ibadah pun menjadi salah satu tolak ukur destinasi wisata. Selain mendapatkan berkah beribadah  di bulan ramadhan, namun juga mendapat tambahan rejeki. Bila wisatawan datang maka secara ekonomi transaksi jual beli pun dirasakan oleh masyarakat disekitarnya.

Inilah momen kenduri ramadhan dimanfaatkan oleh kementerian pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan negara tetangga melalui event kegiatan keagamaan khususnya Batam yang menjadi wilayah perbatasan masuknya wisatawan dari Malaysia maupun Singapura.

“Kenduri ramadhan yang digagas oleh Kemenpar RI melalui program pesona Indonesia adalah langkah awal untuk menarik dan meningkatkan kunjungan pariwisata,untuk kedepannya akan ada lagi program-program lainnya, target kami semua lini mendukung kegiatan sektor pariwisata Indonesia,”jelasnya.

“Tingkatkan lagi, lebih giat lagi kedepan dalam event-event yang berbeda kegiatan keagamaan untuk menarik serta perhatian wisatawan,”ujar Wawan dalam pesannya kepada pengurus masjid Al Mujahidin.

Dikesempatan yang sama, Muhlis bin Machin selaku ketua panitia pelaksana kenduri ramadhan menambahkan, kegiatan keagamaan yang kita laksanakan di momen kenduri ramadhan ini diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pawai ta’aruf,kajian puasa,kuliah subuh,doa arwah, buka bersama,tadarus bersama,hingga kuliner di sekitar masjid pun menjadi daya tarik masyarakat sekitarnya.

“Dari semua rangkaian kegiatan dari kenduri ramadhan ini selain buka bersama dan memperingati Nuzulul Qur’an,kita juga mengadakan santunan berupa uang tunai kepada 160 orang anak yatim-piatu dan kaum dhuafa,”kata Muhlis mengakhiri pembicaraan. (Andri/Oscar).