'

Walikota Tanjungpinang Tutup Kegiatan Musrenbang

musrenbang-1

Walikota Tanjungpinang Foto Bersama Dengan Kepala SKPD dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Usai Penutupan Musrenbang

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com : H. Lis Darmansyah, SH, Walikota Tanjungpinang secara resmi menutup kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan selama dua hari di Hotel Bintan Beach Resort (BBR), Kamis (27/3)

Drs. Hamalis, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tanjungpinang, selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang dilaksanakan dalam 3 tahap, tahap pertama pembukaan, tahap kedua siding pleno pemaparan dari Badan Perencaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bappeda Provinsi Kepulauan Riau, DPRD Kota Tanjungpinang serta Bappeda Kota Tanjungpinang.

Sedangkan tahap ketiga adalah pembahasan yang terdiri dari 4 kelompok yang terdiri dari kelompok ekonomi kerakyatan dan penanaman modal, kelompok infrastruktur dan lingkungan hidup, kelompok social dan budaya serta kelompok pemerintahan dan aparatur daerah.

Masih menurut Hamalis, adapun kesimpulan dari kegiatan Musrenbang tersebut adalah terjadinya kesepakatan antara pemerintah daerah dan stakeholders tentang program prioritas dalam pencapaian agenda pembangunan tahun 2015 serta penyempurnaan rancangan Rencana Kerja SKPD menurut sumber pendanaan dari APBD Kota Tanjungpinang, APBD Provinsi Kepri dan APBN.

Sementara itu H. Lis Darmansyah, SH, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa dari kegiatan Musrenbang ini dapat disimpulkan, untuk kegiatan tahun 2015 mendatang bidang infrastruktur dan lingkunan hidup memiliki 52 program dan 132 kegiatan, yang diperuntukan untuk Dinas Pekerjaan Umum sebanyak 1.117 paket pekerjaan dan 26 paket pekerjaan untuk Dinas Tata Kota, Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman.   

Bidang ekonomi disepakati jumlah program sebanyak 37 program dan 131 kegiatan, bidang sosial budaya 87 program dan 353 kegiatan, serta bidang pemerintahan dan aparatur daerah disepakati 53 program dan 200 kegiatan.

Sedangkan untuk bidang pendidikan, untuk mendapat akses pelayan pendidikan yang layak dan berkualitas sebagai skala prioritas adalah pelaksanaan wajib belajar 12 tahun, pengembangan pendidikan berbasis teknologi dan komunikasi, pembanguan unit sekolah baru dan ruang kelas baru serta alat-alat laboratorium, peningkatan kesejahteraan dan mutu tenaga pendidik.

Untuk bidang Kesehatan yang menjadi skala prioritas adalah  peningkatan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat, pengembangan sistim informasi kesehatan, pelaksanaan jaminan kesehatan nasional, peningkatan perbaikan sarana dan prasarana puskesmas, pukesmas pembatu dan juga jaringannya dan menyiapkan puskesmas menjadi badan layangan unit daerah (BLUD)

Selanjutnya walikota menyampaikan program-program yang diluar hasil Musrenbang  yang belum terakomodir nanti akan diselaraskan dengan hasil reses anggota dewan, apabila ada masukan dari masyarakat yang merupakan skala prioritas, akan dimasukan dalam perencanaan pembangun tahun 2015, insya Allah program-program tersebut sudah masuk ke DPRD pada bulan Juni untuk dilakukan pembahasan.

H. Lis Darmansyah, SH, berharap melalui Musrenbang ini kesamaan pandangan dalam memadukan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas agar implementasinya dapat mengakomodir seluruh harapan masyarakat Kota Tanjungpinang. (ind/djoko)

Top