'

Walikota Tanjungpinang Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Kementerian Perumahan Rakyat

lia-menpera

Dari kiri ke kanan, Kadis Tata Kota, Ir. Almazuar Amal, Kadis PU, Ir. Robert Pasaribu, Staf Kemenpera, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Staf Ahli Walikota, Drs. Mekhwanizar dan Ka.Bappeko, Drs. Hamalis

TANJUNGPINANG,Kepritoday.com : Sehubungan dengan pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di daerah khususnya dalam rangka mendukung penyediaan rumah murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kamis (13/2), di Jakarta.

Djan Faridz selaku Menteri Perumahan Rakyat mengatakan langsung kepada para bupati/walikota se-Indonesia bahwasanya bila sebelumnya kerjasama antara pemerintah pusat hanya dilakukan dengan gubernur yang dinilai tidak efektif, maka mulai sekarang diputuskan pemerintah pusat akan berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan program yang pro rakyat, salah satunya penyedian rumah murah.

Hal ini tentunya sangat disambut baik oleh Walikota Tanjungpinang. Dikatakan Lis, Kota Tanjungpinang sendiri mendapat jatah lebih dari 380 unit rumah. “Pak Menteri sudah setuju untuk memberikan dana alokasi untuk pembangunan rusunawa juga.” Kata Lis. “Ini juga untuk membantu mengatasi masalah permukiman penduduk di Kelurahan Tanjung Unggat,

Kampung Bugis, dan Senggarang.

”  Lis menambahkan sebenarnya banyak program rumah murah untuk masyarakat, tapi itu semua tergantung ketersediaan lahannya. “Tahun 2014 ini lahannya sudah ada, tinggal menyelesaikan masalah administrasinya saja.” Katanya lagi. “Rencananya rumah murah ini akan kita sediakan juga untuk penduduk di Pulau Penyengat, tapi itu nanti masih akan kita lihat lagi tergantung banyaknya masyarakat disana. Termasuk rumah murah untuk PNS.” Jelas Lis.

Selain Kota Tanjungpinang, ada sebanyak 70 kabupaten/kota yang juga menandatangani perjanjian kerjasama tersebut. Membangun rumah yang layak merupakan tanggungjawab kita bersama, karena dari rumah itu lah akan melahirkan generasi penerus yang sejahtera dan berkualitas karena memiliki rumah tinggal yang layak merupakan hak dasar manusia. Oleh karena itu Lis menegaskan pembangunan rumah murah ini tentunya akan melibatkan banyak pihak juga, termasuk pengembang.

Turut mendampingi Walikota saat penandatangan perjanjian kerjasama tersebut, beberapa Kepala Dinas terkait, yaitu Kepala Dinas PU Ir. Robert Pasaribu, MM,  Kepala Bappeda Drs. Hamalis, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Drs. Dimyath, M.Si, dan Kepala Dinas Tata Kota, Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Ir. Almazuar Amal serta Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan Drs. Mekhwanizar, MM. (djoko/hms)

Top