'

Walikota Tanjungpinang Resmikan Perhimpunan TEO CHEW Kota Tanjungpinang

teo-chaw

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Menerima Cindera Mata Dari Jenny Lim, Ketua Terpilih Perhimpunan Teo Chew Kota Tanjungpinang Periode 2014-2017

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com : Masyarakat Etnis Teo Chew, yang berdomisili di Kota Tanjungpinang cukup banyak. Suku Teo Chew sendiri merupakan salah satu suku di Selatan Guang Zhou yang sudah cukup maju, tak heran bila masyarakatnya berpikiran terbuka dan bisa berbaur dengan suku bangsa lainnya, terlebih di Kota Tanjungpinang yang mayoritas bersuku Melayu. Namun perbedaan bukanlah halangan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang untuk maju.

Oleh karena itu, untuk lebih memperkuat lagi persatuan dan kesatuan serta rasa persaudaraan di Kota Tanjungpinang, dibentuklah Perhimpunan Teo Chew Kota Tanjungpinang yang peresmiannya dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah,SH, Jumat (16/5), di gedung PSMTI Jalan Rawasari, Kota Tanjungpinang.

Peresmian sekaligus pelantikan Ketua terpilih Perhimpunan Tew Chew Kota Tanjungpinang ini turut dihadiri pula oleh Gubernur Kepri HM. Sani, yang didampingi Sekdaprov, Robert Iwan Loriaux. Sementara itu, Walikota Tanjungpinang hadir dengan didampingi Asisten Walikota bidang Pemerintahan Suyatno, AMP dan Staf Ahli Walikota bidang Ekonomi dan Keuangan Drs. Abdul Kadir Ibrahim, MT. Turut hadir dalam acara Hengky Suryawan selaku Ketua Pembina serta segenap tokoh masyarakat Tiong Hoa Kota Tanjungpinang.

Perhimpunan Teo Chew Kota Tanjungpinang sendiri merupakan perhimpunan ke-19 yang diresmikan se-Indonesia. Dengan kata lain, Perhimpunan Teo Chew tidak hanya ada di Kota Tanjungpinang, namun keterwakilannya ada di setiap provinsi. Demikian dikatakan Ketua Umum Perhimpunan Teo Chew Nusantara Eka Tjandra. Menurut Eka, Perhimpunan Teo Chew dibentuk karena dua alasan, yaitu pertama karena banyaknya suku Teo Chew di Kota Tanjungpinang, dan yang kedua adalah untuk menghimbau kepada putra daerah, khususnya generasi muda Teo Chew Kota Tanjungpinang untuk tetap membangun kotanya sendiri karena Eka menilai warga etnis yang sudah mapan lebih memilih untuk meninggalkan kampung halamannya.

Dikatakan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH,  roda perekonomian di kota Tanjungpinang tak pernah terlepas dari kontribusi dan peran aktif masyarakat Etnis Teo Chew, namun itu lah yang membuat pembangunan perekonomian di Kota Tanjungpinang menjadi dinamis. Selain itu, perhimpunan yang dibentuk harus menjadi wadah yang kompak serta tidak meninggalkan budaya mengingat secara historikal hubungan masyarakat pribumi dan masyarakat etnis Tiong Hoa sudah lama terjalin dengan baik di Kota Tanjungpinang. Oleh sebab itu, Lis juga berharap dengan diresmikannya Perhimpunan Teo Chew ini dapat menjadi mitra pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan dengan membantu masyarakat yang kurang mampu.

Dalam peresmian Perhimpunan Teo Chew ini, Jenny Lim dilantik sebagai Ketua terpilih periode pertama, 2014 – 2017. Dalam sambutan singkatnya, Jenny mengatakan, akan melakukan konsolidasi dengan mendata ulang seluruh warga etnis Tew Chew di Kota Tanjungpinang, sehingga ia membutuhkan bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat Teo Chew agar dapat memberikan data yang akurat.(djoko)

Top