'

Walikota Tanjungpinang, Pukul Bedug Tanda MTQ Dimulai

PEMUKULAN-BEDUK-1

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Memukul Bedug Tanda Dimulainya MTQ Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com :  Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, memukul bedug saat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII Tingkat Kota Tanjungpinang, di lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang, Minggu, (2/3)

Walikota Tanjungpinang mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Kota Tanjungpinang dengan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena Al Qur’an berisikan tatanan dunia yang aman, adil dan makmur.

“Marilah bersama-sama kita bangun Kota Tanjungpinang dengan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an, karena Al Qur’an berisikan tatanan kehidupan dunia yang aman, adil dan makmur,” ujar Lis.

Walikota Tanjungpinang  mengharapkan seluruh masyarakat menjadikan Al Quran sebagai pedoman dalam penyelesaian masalah yang tengah dihadapi dan peningkatan akhlak untuk mendukung pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Menurut Lis Darmansyah,  Al Quran seharusnya dikaji dan diamalkan karena merupakan kalam Ilahi yang diturunkan sebagai mukjizat bagi manusia yang ingin mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

“Al Quran juga mengandung tata cara hidup manusia, falsafah, kisah dan sumber ilmu pengetahuan,” ujar walikota
H. Syahrul, S.Pd, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawah Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang mengatakan MTQ tidak hanya sekedar peneguh syiar Islam tetapi juga untuk mengatur hasil pembelajaran masyarakat dari tempat pengajian Al Quran (TPA) yang tersebar di Kota Tanjungpinang.

“Harus dibuktikan secara nyata, apakah kita adalah umat Islam yang telah mengamalkan dan mencerminkan jati diri penduduk muslim terbesar di dunia,” ujar  Syahrul

Masih menurut Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang, Al Quran merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya. Karena itu, kajian harus digalakkan di masyarakat melalui kebijakan maupun contoh teladan.

Kegiatan MTQ tidak hanya bersifat seremonial dan rutinitas,  melainkan menjadikannya momentum untuk mendorong masyarakat meningkatkan penghayatan,  dalami arti dan makna kandungan seni baca quran.

Pembukaan MTQ VIII Tingkat Kota Tanjungpinang disaksikan ribuan masyarakat Tanjungpinang. Selain pemukulan 8 bedug, acara juga dimeriahkan dengan tarian kolosal ‘Saujana Kalamullah’ dari perwakilan seluruh sanggar yang ada di Kota Tanjungpinang.

Turut hadir dalam acara, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj.  Yuniarni Pustoko Weni,SH,  Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Hj. Juraida Syahrul, Pimpinan FKPD Kota Tanjungpinang, Kepala SKPD Kota Tanjungpinang. Hadir juga mantan Walikota Tanjungpinang Dra. Hj. Suryatati A Manan.

MTQ kali ini diikuti oleh 174 peserta utusan dari empat kecamatan ditambah utusan dari LPTQ Kota Tanjungpinang. Sebanyak 24 cabang lomba yang akan diperlombakan hingga 6 Maret mendatang hingga 6 Maret mendatang yakni di Arena Utama Lapangan Pamedan, Gedung Serba Guna SMPN 4 Tanjungpinang, Asrama Haji, dan Aula MAN Tanjungpinang (indra/hum)

Top