Walaupun Hujan, Ribuan Kafilah dan Official Dari 34 Provinsi Ramaikan Pawai Ta’aruf

pawai-ta'aruf-nasional

Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri bersama Plt. Menteri Agama RI, Agung Laksono, saat menyaksikan Pawai Ta’aruf MTQ XXV Tingkat Nasional, Batam Provinsi Kepri.

BATAM, Kepritoday.com – Meskipun diguyur hujan, pawai Taaruf MTQN XXV di Kota Batam berjalan lancar dan sukses. Adapun jumlah peserta pawai adalah 3.605 kafilah dan official 34 dari provinsi di Indonesia. Pawai Taaruf sendiri berlangsung, kemarin, kamis (5/6). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt. Menteri Agama RI, Agung Laksono, di Batam, Kepulauan Riau.

Adapun rute pawai ta’aruf ini, akan dimulai dari depan Hotel Pacifik di Jodoh dan berakhir di depan Hotel Nagoya Plasa, Nagoya. Selain dengan berjalan kaki, kegiatan pawai Ta’aruf yang akan dilaksanakan sehari sebelum pembukaan MTQ itu juga akan dimeriahkan pawai kendaraan-mobil hias yang dimulai dari depan Hotel Pacifik dan berakhir di Vihara Budhi Bakti, Windsor Batam.

“Pawai ta’aruf akan kita mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai dari Hotel Pacifik dan berakhir di Hotel Nagoya Plasa,” ucap Wakil Wali Kota Batam, Rudi, yang juga Wakil Ketua I pelaksanaan MTQ XXV Tingkat Nasional.

Di tempat terpisah, Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan, pawai ta’aruf itu akan dilepas Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di depan Hotel Pacifik. Sedangkan Gubernur Kepri, H. M. Sani akan menyambut para kafilah di akhir rute pawai ta’aruf di depan Vihara Budhi Bakti, Windsor.

Selama kegiatan pawai ta’aruf, juga akan diisi penampilan marching band dari 130 praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat, perarakan bendera Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB), bendera Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan bendera merah putih.

“Jumlah kafilah dan official dari 34 provinsi ada 3.605 orang, nantinya setiap provinsi juga akan menampilkan atraksi menarik dari daerah masing-masing, baik dari pakaian, musik Islami, dan kebudayaan lainnya dari daerah masing-masing,” ucap Ardi. Tak lupa dari Pemerintah Kota Batam, mengimbau masyarakat turut hadir, meramaikan dan memeriahkan pawai ta’aruf MTQ Tingkat Nasional XXV.

“Kami mengimbau masyarakat agar ikut menyaksikan, memeriahkan, melihat kebudayaan lain dalam pawai ta’aruf ini. Sekalian menambah ilmu pengetahuan,” katanya.

Di uraikannya, sehari sebelum kegiatan pawai ta’aruf kafilah MTQ, Dataran Engku Putri, Batam Centre dipadati sejumlah pengisi acara dalam pembukaan MTQ, Jumat (6/6). Mereka melakukan gladi resik di sana, lebih kurang 550 pelajar dari SMP dan SMA di Kota Batam, saat itu melakukan tarian kolosal ‘Bahtera Zuriat Mustika’ dengan koreografer Raja Alfirah Indra. (red/*)