Wakil Bupati Bintan Tinjau Pendaftaran CPNS

CPNS-2014-300x252BINTAN, Kepritoday.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan akan tetap bersinergis dengan para anggota DPRD Bintan dalam pengembangan dan pembangunan daerah di Bintan. Bukan hanya itu, dalam rangka memberikan motivasi terhadap pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Bintan.

Wakil Bupati Bintan Khazalik bersama dengan Ketua DPRD Bintan Sementara Fiven Sumanti, Wakil Ketua DPRD Bintan Sementara Agus Wibowo serta anggota DPRD Bintan Muhammad Yatir meninjau Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan, Kamis (2/10).

Hal tersebut dilakukan dalam bentuk kunjungan mendadak ke kantor BKD dalam rangka meninjau pelaksanaan panitia CPNS di Bintan. Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Bintan dan DPRD Bintan memberikan motivasi dan dorongan kepada para pelamar CPNS, agar tetap optimis dalam mengikuti tes CPNS yang melalui seleksi sistem Computer Asisted Test (CAT).

Menurut Wakil Bupati Bintan Khazalik, dalam kesempatan yang sangat baik ini. Masyarakat Bintan harus bisa memanfaatkan peluang yang bagus ini untuk dapat menjadi seorang pegawai negeri.

Karena menurutnya, kesempatan ini merupakan peluang yang sangat besar bagi seluruh masyarakat Bintan. Dengan sistem online yang menggunakan sistem CAT ini kata Khazalik, pelamar CPNS jangan pesimis dan menggangap tes CPNS dengan sistem komputerisasi ini, hanya sebuah formalitas belaka.

Menurut Khazalik, dengan sistem yang langsung diawasi oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat ini. Sehingga tindak kecurangan dalam perekrutan CPNS kali ini akan sangat sempit sekali. “Tidak ada lagi istilah titip-titip dalam penerimaan CPNS kali ini. Untuk itu, semua masyarakat yang melamar CPNS memiliki peluang yang sama besar,” ujar Khazalik.

Selain itu juga lanjut Khazalik, bagi para pelamar yang belum memahami cara menggunakan sistem CAT. Khazalik menghimbau, agar sebelum tes CPNS dimulai nanti, para peserta dapat belajar untuk lebih memahami ujian dengan sistem komputerisasi tersebut.

Pemkab kata dia, telah memfasilitasi kepada masyarakat yang ingin belajar sistem CAT. Tempatnya juga telah tersebar dibeberapa wilayah di Bintan. Seperti di SMKN 1 Bintan Utara, SMKN 2 Bintan Timur, dan SMAN 1 Bintan Timur. “Bagi para peserta yang ingin belajar, Pemkab telah menyediakan fasilitas yang tersebar di wilayah Bintan untuk dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” imbuhnya.

Khazalik juga berpesan, agar masyarakat jangan terlena dengan janji-janji oleh pihak tertentu yang mengatakan dapat membantu untuk meluluskan tes CPNS kali ini. Khazalik menambahkan, upaya tersebut akan sangat merugikan masyarakat, karena tidak ada satu pihak pun yang dapat membantu untuk meluluskan tes CPNS kali ini.

“Jangan percaya dengan janji-janji yang diberikan oleh pihak tertentu. Tetaplah yakin dengan kemampuan sendiri untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian CPNS nanti,” pesa Khazalik.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPRD Sementara Fiven Sumanti, dalam dialog bersama dengan pelamar yang hadir pada saat itu. Fiven mengingatkan, agar kepada para pelamar CPNS untuk tetap optimis dalam menghadapi tes CPNS yang merupakan peluang yang sangat bagus untuk seluruh masyarakat Bintan.

Ujian dengan sistem CAT lanjut politisi partai Golkar ini, akan tidak ada lagi kecurangan yang bisa dilakukan oleh sebagian oknum-oknum tertentu. Menurutnya, seleksi yang langsung dipantau Pusat itu, akan sangat sulit sekali untuk melakukan kecurangan dalam penerimaan CPNS kali ini.

Sebab kata Fiven, yang menentukan lolos atau tidaknya para pelamar hanyalah hasil dari kemampuan saat menghadapi tes ujian dengan sistem komputer. “Tetaplah optimis, semua memiliki peluang yang sama besar. Belajar terus merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi tes dengan sistem CAT,” ungkap Fiven.

Dalam kunjungan singkat yang dilakukan oleh Pemkab Bintan bersama dengan DPRD Bintan itu, sangat memberikan manfaat bagi para pelamar CPNS. Dengan dialog singkat yang diadakan di ruang penerimaan CPNS di Kantor BKD Bintan tersebut, para pelamar CPNS lebih termotivasi dan dapat memperjelas keraguan para peserta dengan melakukan pertanyaan langsung dijawab oleh Wakil Bupati maupun DPRD bintan.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, hadir pula Asisten Umum Pemkab Bintan Raja Akib, Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Lamidi, Kepala BKD Irma Annisa. (djo/hum)

Top