Wakil Bupati Bintan Launching Operasi Pasar murah

Wabup Khazalik

Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik

BINTAN, Kepritoday.com – Wakil Bupati Bintan, Khazalik beserta Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Bintan serta bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan dalam melakukan Launching Operasi Pasar Murah Sembako, pada Senin (29/6) di Aula Kantor Camat Bintan Timur.

Khazalik mengatakan, agenda ini rutin tiap tahunnya dilaksanakan di seluruh Kecamatan Se-Bintan. Hal ini tentunya harus adanya support dari semua kalangan, bukan hanya dari pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan saja, melainkan dari para Pengusaha, dan masyarakat juga.

“Alhamdulillah, di hari yang baik dan bulan baik pula, kita dipertemukan dalam agenda Pasar Sembako Murah tahun ini. Mengingat usulan pemrintah dalam hal agenda ini, selalu mendapat dukungan dan bantuan yg baik DPRD Bintan terhadap program ini, atas kepedulian seluruh jajaran DPRD Bintan, kita ucapkan terima kasih,” ujar Khazalik dalam sambutannya.

Menurut Khazalik, agenda ini kalau bapak dan Ibu Dewan tak setuju maka tak jadi, tapi Alhamdulillah pihak DPRD Bintan, melalui Komisi 3 juga hadir bersama dan sangat mendukung.

“Kita jadi semangat selain dapat dukungan DPRD juga mereka juga ikut hadir bersama,” ujarnya.

Khazalik berharap, sepanjang masih diperlukan masyarakat, agenda ini akan terus diperhatikan dan dianggarkan namun harus didukung bersama.

Tentu, hal ini menjadi suatu kebanggan pengusaha yang ada di Bintan ini, menurut Khazalik, agar peduli kepada masyarakat dan ikut serta dalam agenda ini. Seharusnya tahun ini ada 3000 lebih berkat bantuan pengusaha kini menjadi 4000 lebih dan harapannya kedepan dapat terus berkembang.

“Semoga tahun depan, dapat memberikan dukungan yang lebih besar lagi, dan dapat menjadi contoh perusahan lain untuk lebih peduli terhadap kegiatan sosial seperti ini,” ujar Khazalik.

Khazalik menambahkan, kegiatan ini sangat baik dilaksanakan dan harus terus terlaksana sebagai upaya kemandirian Masyarakat Bintan dalam
meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan bantuan lainnya seperti rehab rumah, biaya pendidikan, bantuan kelompok usaha dan tani serta untuk kesehatan juga pemerintah sudah siapkan dan disubsidi.

“Mudah-mudahan bantuan dan program yang sudah kita jalankan bersama mendapat dukungan penuh masyarakat,” ujar Khazalik.

Khazalik juga berpamitan kepada seluruh warga Bintan, dikarenakan masa jabatannya bersama Ansar Ahmad akan segera berakhir dipertengahan bulan Agustus 2015 maka tugas kami sudah hampir selesai.

“Mohon doanya, agar kami mampu menyelesaikan tugas kami. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah Bintan yang mana telah bekerja satu tim selama 5 tahun,” ujar Khazalik

Sementara itu, Kepala Dinas Perekonomian dan UKM Kabupaten Bintan, Edi Pribadi mengatakan, pelaksanaan ini dapat terlaksana berdasarkan support semua kalangan baik itu pemerintah, pengusaha dan masyarakat.

“Agar lebih teratur dan tepat sasaran dan sesuai data maka kita terapkan dengan kupon. Adapun isi paketnya, terdiri dari 4 kg Gula Pasir, 2 Litter Minyak Goreng, 2 botol Sirup Marjan, 2 kg Tepung, kalau dipasaran sekitar 100 ribu harganya,” ujar Edi.

Edi menambahkan, 50% sudah disubsidi Pemkab dan pengusaha jadi harganya bisa separuh lebih murah dari harga pasarannya.

Edi juga berharap kegiatan ini dapat, mendapat dukungan kembali dari DPRD dan Pengusaha agar semakin banyak berpartisipasi dan membantu serta mudah-mudahan agenda ini bermanfaat.

“Agenda hari ini hanya lounching saja dan akan diteruskan sampai hari Kamis pembagiannya Se Bintan di seluruh Kecamatan. Untuk penutup agenda pasar murahini akan digelar pada hari Kamis di Toapaya dan Gunung Kijang,” ujar Edi.

Sebelumnya, Edi mengatakan, sudah mengadakan sidak harga dan suplai barang menjelang ramadhan dan persiapan lebaran nanti. Ada sebanyak 13 pengusaha yang diundang untuk mengetahui stok persedian barang sudsh cukup atau kurang, terutama untuk beras dan gula.

“Stok untuk 3 bulan ke depan sudah aman. Sedangkan, untuk harga beras, gula dan minyak masih stabil namun yang masih fluktuasi yakni bumbu-bumbu dapur karena didatangkan dari luar Bintan,” ujar Edi.

Edi menambahkan, untuk harga daging ayam bergerak harganya sedikit dan daging sapi ada kenaikan 5 ribu per Kg nya. Selain itu, Edi juga mengumpulkan pedagang daging dari 2 pemasok sapi wilayah Tg.Pinang dan Bintan bahwa ada 150 ekor sapi Jawa dan Sumatera untuk lebaran nanti sehingga untuk daging segar di Bintan tak ada masalah.

“Kami berharap harga daging sapi segar Rp.130.000 per Kg nya ini tidak ada kenaikan lagi. Kekhawatiran ini, karena setiap tahun, 4 hari sebelun lebaran harga mengalami kenaikan, kalau pun ada jangan terlalu tinggi naiknya,” ujar Edi.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Bintan, DPRD Kab. Bintan Komisi 3, Assisten Bupati, Sekda Bintan, Kepala SKPD Bintan, Kabag Humas dan Protokol Kab.Bintan, Wakil Ketua Penggerak PKK, Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Bintan, PD Bank Riau Kepri, Perwakilan PT. Sun Resort, Camat dan Lurah serta Masyarakat setempat. (djo/hum)