Tanjungpinang Juara Umum II STQ Provinsi Kepri

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Kota Tanjungpinang berhasil menyabet juara umum II pada Seleksi Tilawatil Qur’an VII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang berlangsung di Kota Batam, sejak 5 hingga 9 Mei 2017.

Tahun ini, setelah unjuk kebolehan di ajang STQ VII Provinsi Kepri, kafilah Tanjungpinang mampu mengalahkan Kota Batam, mereka pulang ke Tanjungpinang dengan memboyong piala dan sejumlah prestasi.

Pada perhelatan syiar agama ini, Kota Tanjungpinang mengirim sebanyak 16 kafilah. Diantaranya berhasil menoreh prestasi juara 1 terbaik hahfidz Quran golongan anak dan dewasa putri, juara 3 tilawah Al Qur’an, juara 2 putra dan 3 putri hifzil Qur’an 1 Juz Tilawah, juara 1 putra dan 2 putri golongan 5 Juz, juara 1 putra dan 3 putri 10 Juz.

Untuk golongan 20 Juz juara 2 puta dan juara 2 putri, 30 juz juara 1 putra dan juara 3 putri, sedangkan tafis Quran bahasa arab juara 3 putra dan 1 putri, ditambah dengan juara 3 pawai taaruf, juara 3 qasidah rabana, dan juara harapan stand bazar.

Kepulangan para kafilah ke Tanjungpinang pun disambut langsung oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang Rabu (10/5) di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP).

Kedatangan para kafilah dipimpin oleh Wakil Walikota H. Syahrul, S. Pd, Asisten, jajaran Kepala OPD, serta sejumlah pengurus LPTQ Kota Tanjungpinang.

Setibanya di Pelabuhan SBP, kafilah langsung disambut dengan kompang dan Wawako menerima pengalungan rangkaian bunga dari Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH. Lis pun langsung menyalami para kafilah yang tiba.

Wajah gembira terlihat dari raut wajah Lis-Syahrul, mereka pun secara kompak menjawab pertanyaan yang diajukan awak media saat hendak keluar pintu pelabuhan.

” Alhamdulillah, Tanjungpinang bisa meningkatkan prestasi juara umum 2 STQ Provinsi Kepri. Ini berkat kerja keras bapak Wawako selaku LPTQ serta masyarakat dan semua pihak yang terlibat “, ucap Lis

Lis berujar, untuk mempertahankan prestasi ini, kita selalu melakukan evaluasi setiap pelaksanaan MTQ, baik tingkat kelurahan maupun Provinsi Kepri. Bila kita lihat dengan pelaksanaan MTQ di tingkat Kelurahan, ternyata potensi anak lokalnya luar biasa, mereka pun banyak ikut pada ajang STQ ini.

Pemko Tanjungpinang akan terus berupaya untuk mendorong dan memotivasi qori dan qoriah Tanjungpinang, salah satunya dengan mendirikan pusat pendidikan agama di Pulau Penyengat, mudah-mudahan ini memberi semangat bagi mereka, ” harap Lis

” Alhamdulillah setelah penantian panjang dan segala upaya akhirnya Tanjungpinang pada STQ VII tingkat Provinsi Kepri bisa menjadi juara II, setelah sebelumnya Tanjungpinang selalu menduduki peringat ke 3, prestasi ini tentu, berkat sinergitas kita bersama serta doa dari seluruh elemen masyarakat Tanjungpinang “, kata Syahrul selaku Ketua LPTQ, seusai penyambutan di pelabuhan SBP.

Ia mengatakan, Tanjungpinang merupakan satu-satunya Kota yang melaksanakan MTQ di tingkat Kelurahan. Kedepan MTQ akan semakin beeat, dan ini menjadi tangunggjawab berat bagi kita semua untuk berupaya semaksimal mungkin dan bekerja keras mempertahankan juara, karena mempertahankan gelar juara lebih sulit ketimbang meraihnya.

” Semoga prestasi ini bisa terus meningkat dan dipertahankan pada setiap cabang lomba yang diikuti oleh kafilah Kota Tanjungpinang “, ucap Lis

Pada malam penutupan STQ, dewan juri mengumumkan dari tujuh Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang berhasil menduduki juara II, sedangkan juara I masih diraih Kabupaten Karimun.

Tahun 2016 lalu, Kota Batam meraih juara umum II dan tahun 2017 Tanjungpinang mampu menempati posisi kota Batam. Kota Batam sendiri meraih juara III, Kabupaten Bintan juara harapan, sementara posisi ke 5 Lingga, Natuna di nomor 6, dan terakhir Kabupaten Anambas. (Djo/Hm)