'

Surau Al Istiqomah Memilki TPA, Majelis Taklim dan Remaja Surau

Surau-Istoqomah

Wakil Walikota Tanjungpinang Memberikan Kata Sambutan Pada Safari Ramadhan di Surau Al Istiqomah

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Bertempat di Surau Al Istiqomah, Wakil Walikota Tanjungpinang melakukan Safari Ramadhan bersama sebagian kepala SKPD Pemerintah Kota Tanjungpinang (4/7). Surau kecil yang berdiri diantara perumahan warga ini hampir tidak dikenal lokasinya dikarenakan berada Dalam ujung gang perumahan taman seraya km. 9 jl Seraya 1. Namun dengan tujuan menegakkan syiar islam dan menjalin silaturahmi, surau ini berhasil dikunjungi rombongan Safari Ramadhan Pemko Tanjungpinang.

Setelah melaksanakan shalat isya berjamaah, pengurus surau Al Istiqomah, Amrizal, memaparkan gambaran singkat surau tersebut. Dimulai dengan pantun pembuka, Amrizal mengucapkan rasa terima kasih dan syukur atas kunjungan Safari Ramadhan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Kami merasa gembira, walaupun surau ini masuk ke dalam, surau ini tetap terpantau oleh Bapak Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang”, ungkapnya.

Amrizal juga menjelaskan bahwa surau ini dibangun pada tahun 1999 di atas tanah waqaf dan pembangunannya hasil swadaya masyarakat. “Surau ini sudah tidak dikembangkan karena sudah mentok kanan kirinya dengan Rumah warga”, tambah Amrizal. Amrizal juga menyampaikan bahwa Surau ini memilki TPA, Majelis Taklim dan Remaja Surau.

Kunjungan rombongan pada malam ke 7 ramadhan ini, Wakil Walikota Tanjungpinang mengungkapkan kegembiraanya bisa melakukan Safari Ramadhan di surau Al Istiqomah. “terpilihnya surau Al Istiqomah semata-mata atas kehendak Allah SWT”, jelasnya.

“Karena jumlah masjid mushola surau se Kota tanjungpinang berjumlah sekitar 200 lebih, sedangkan malam ramadhan hanya 29 hari, untuk itu surau ini terpilih menjadi tujuan safari ramadhan untuk tahun ini”, tambahnya.

Syahrul juga mengakui bahwa dengan banyaknya jumlah masjid mushola se tanjungpinang tidak akan mampu dikunjungi satu per satu masjid mushola yang ada. “Bukan tidak mau mengunjungi, waktunya yang tidak cukup jika hanya pada bulan ramadhan”, ungkapnya. Syahrul juga mengatakan bahwa ia sering melakukan kunjungan ke masjid-masjid secara pribadi ketika shalat maghrib dan isya. “Karena saya hidup dari masjid ke masjid”, terang Syahrul.

Syahrul menjelaskan bahwa kegiatan safari ramadhan ini adalah salah satu upaya menjalin silaturahmi pemerintah Kota tanjungpinang dengan masyarakat. Syahrul juga mengharapkan, setelah safari pemko tanjungpinang, safari ini dilanjutkan oleh Camat serta lurah untuk berkunjung ke masjid-masjid wilayahnya. “Lurah juga harus tahu inventarisasi masjid di wilayahnya, jangan sampai tidak tahu berapa masjid di wilayahnya”, tegas Syahrul.

Syahrul juga mengungkapkan ketertarikannya atas aktifnya remaja surau Al Istiqomah dan majelis taklimnya. “Walaupun sempit, tapi semaraknya luar biasa”, kagum Syahrul. Karena tugas mensyiarkan agama islam adalah tugas kita semua.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan oleh Pemerintah Kota tanjungpinang yang diserahkan oleh Wakil Walikota Tanjungpinang kepada pengurus Masjid Al Istiqomah. Seusai pnyerahan bantuan, jamaah surau Al Istiqomah mendengarkan siraman rohani oleh ust. Syahrul Zaki. (Edison/hum)

Top