Sudah Delapan Tahun Di Hantam Gempa, Jalan Vital Di Padang Pariaman Belum Di Perbaiki

Kondisi jalan Gunuang Tigo pasca gempa besar 2009 silam.

PADANG PARIAMAN, Kepritoday.com – Delapan tahun sudah gempa besar meluluhlantakan Kabupaten Padang Pariaman, namun salah satu jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan V Koto Timur dan Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman, jalan Gunuang Tigo belum juga diperbaiki.
Padahal jalan tersebut merupakan jalan vital bagi masyarakat dikedua kecamatan yang terparah dihoyak gempa besar berkekuatan 7,9 Skala Richter pada 30 September 2009 itu.

Berdasarkan pantauan Kepritoday.com dilapangan, ada dua titik jalan yang mengalami kerusakan parah sehingga badan jalan tersebut amblas dihondoh longsor.

Titik pertama berada di Korong Gunuang, Nagari Gunuang Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur sedangkan titik kedua berada pas di puncak gunung yang mana titik tersebut masuk ke wilayah Korong Kp. Panas, Nagari Tandikek Barat, Kecamatan Patamuan.

Menurut Sekretaris Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Tandikek Barat, Yoserizal Rahman pada media ini, pasca gempa besar tahun 2009, jalan kabupaten yang menghubungkan dua kecamatan tersebut belum pernah diperbaiki.

“Jalan ini merupakan jalan yang sering dilalui oleh warga dari Kecamatan V Koto dan Kecamatan Sungai Geringging menuju Kecamatan Patamuan, Padang Sago dan Kantor Bupati Padang Pariaman untuk berurusan masalah kepemerintahan dan untuk bekerja. Begitu dengan sebaliknya”, ungkap Yoserizal.

Ia juga menambahkan, pada hari Minggu, Senin dan Jumat, jalan tersebut bertambah ramai dilewati oleh masyarakat kedua
kecamatan tersebut untuk berjualan dan berbelanja ke Pasar Padang Alai dan Pasar Tandikek.

Sedangkankan dari Hari Senin sampai Jumat, jalan itu ramai dilewati oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dinas di Kawasan Kantor Bupati Padang Pariaman.

“Termasuk juga bapak anggota dewan, Pak Zal, sering juga lewat ke jalan ini”, ungkapnya.

Yoserizal berharap, kalau jalan tersebut sudah tidak layak dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat, seharusnya pemerintah mencarikan solusinya dengan membangun jalan baru dari Kp. Panas, Sungai Kemuning, Pinang Bolak dan tembus di Simpang Gunuang mudik Pasar Padang Alai. (Doyx)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top