Sosialisasi Budidaya Ikan Air Tawar di Ikuti 70 Peserta

wan rudi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan,  di Lokasi Pembudidayaan Ikan Air Tawar

BINTAN, Kepritoday.com – Sosialisasi Pembudidayaan Ikan Air Tawar yang diikuti sebanyak 70 peserta, yang mewakili dari 7 Kecamatan di Kabupaten Bintan, antara lain, Kecamatan Teluk Bintan, Toapaya, Teluk Sebong, Gunung Kijang, Bintan Timur, Bintan Utara dan Seri koala Lobam. Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kabupaten Bintan, bekerjasama dengan, Clinic Agri Bintan dan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP), di Aula kantor Camat Toapaya, Rabu (4/6).

Kepala DKP, Kabupaten Bintan, Wan Rudi menyebutkan, sosialisasi ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan dan pengetahuan kepada kelompok pembudidaya ikan air tawar, agar dapat mengelola dan memanajemen usahanya dengan sebaik mungkin. Dia mengatakan, kebutuhan pasar terutama di kota Tanjungpinang, Batam dan khususnya di Bintan sendiri, para pembudidaya ikan air tawar konsumsi di Bintan sudah hampir dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

“Hampir sekitar 80 sampai 90 persen kita memasok kebutuhan untuk Tanjungpinang dan Batam, itu merupakan hasil dari para pembudidaya ikan jenis konsumsi yang secara baik mengembangkan dan mengelola usahanya, kita juga selalu memberikan pelatihan–pelatihan agar kedepannya para pembudidaya bisa lebih baik lagi,” ucapnya.

Ditambahkan Wan Rudi, tahun depan Pemkab Bintan, melalui DKP akan membantu memberikan bibit unggul kepada kelompok–kelompok perikanan di Bintan, agar kedepannya mutu dari hasil produksinya bisa lebih baik lagi.

“Tahun 2015 kita akan mendatangkan bibit– bibit ikan unggul dari Sukabumi, untuk diberikan kepada seluruh kelompok perikanan yang ada saat ini di Bintan, agar mutu produksinya bisa terus meningkat dari waktu ke waktu”, ujarnya.

Para peserta pelatihan begitu antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan selama dua hari oleh DKP Kabupaten Bintan tersebut.
“Pelatihan seperti ini sangat membantu sekali bagi kita, karena banyak ilmu yang kita dapat dari pelatihan seperti ini,” ucap Bob salah satu peserta yang hadir pada saat itu.

Wakil Bupati Bintan, Khazalik, saat pembukaan sosialisasi ini berharap, agar manajemen pengelolaan budidaya ikan air tawar kedepannya lebih baik lagi. “Dalam peninjauan kami di setiap Kecamatan, serapan pembudidayaan ikan air tawar belum begitu maksimal, oleh karena itu kita berharap kedepan harus lebih ditingkatkan lagi agar hasilnya lebih baik,” imbuh Khazalik. (edison/hak)