Sekolah di Bintan Masih Banyak Mengacu Pada Kurikulum 2006

index

Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan

BINTAN, Kepritoday.com – Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bintan, ternyata masih banyak yang mengacu kepada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. Sementara untuk penerapan kurikulum 2013 masih sangat minim. Hal ini terlihat dari data evaluasi yang dilakukan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bintan.

Kepala Disdikpora Bintan, Machfur Zurachman menyebutkan, dari 89 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Bintan, hanya empat SD saja yang tetap mengacu kepada kurikulum 2013. Sedangkan untuk SMP, hanya tiga SMP yang masih tetap menggunakan kurikulum 2013 dari total SMP di Bintan sebanyak 28 SMP, jadi 25 SMP di Bintan masih menggunakan Kurikulum 2006, dan untuk SD yang masih menggunakan Kurikulum 2006 sebanyak 85 Sekolah Dasar.

“Sekolah yang masih menggunakan 2013 seperti SDN 3 Bintan Timur, SDN 7, SDN 8 serta SDN 9 Bintan Utara. Kalau SMPN 2, SMPN 6 dan SMPN 12 Bintan. Selebihnya mereka (sekolah-red) masih menerapkan KTSP,” sebut Machfur, Senin (29/12).

Berdasarkan hasil evaluasi yang selalu dilakukan pihaknya, memang masih banyak sekolah yang menerapkan KTSP. Namun demikian, lanjutnya, Disdikpora Bintan tetap mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 160 Tahun 2014 tentang penerapan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.

Dimana sekolah-sekolah yang masih semester pertama akan tetap mengacu kepada KTSP atau kurikulum 2006 dan sekolah yang tahun ajarannya sudah semester ketiga akan tetap melanjutkan kurikulum 2013.
“Kita masih mengacu kepada peraturan pusat,” ucapnya lagi.

Terkait dengan pengadaan buku untuk sekolah yang menerapkan KTSP, Machfur menambahkan, tidak ada kendala karena beberapa buku KTSP masih ada dan masih bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar disekolah. “Untuk pengadaan buku KTSP kita tidak ada masalah, karena buku lama masih bisa digunakan,” tambahnya. (edison)

 

Top