Sekda Prov Buka Musrenbang Kota Tanjungpinang

Gong Musrenbang 2014

Pemukulan Gong Tanda Dibukanya Musrenbang Kota Tanjungpinang oleh Sekda Prov Kepri. Drs. Robert Iwan Louriux M.Si

TANJUNGPINANG,Kepritoday.Com : Drs. Robert Iwan Loriaux  M,Si, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Tanjungpinang 2014, Rabu (26/3) di Hotel Bintan Beach Resort.

Pembukaan Musrenbang Kota Tanjungpinang ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekdaprov Robert Iwan Loriaux dengan didampingi oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, Kepala Bappeda Provinsi Kepri Naharuddin, Kepala Bappeda Kota Tanjungpinang Drs. Hamalis, serta segenap unsur FKPD Kota Tanjungpinang. Pelaksanaan Musrenbang Kota Tanjungpinang ini akan berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 26-27 Maret 2014.

Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH, mengharapkan, dengan Musrenbang ini dapat dihasilkan dokumen rencana kerja program-program pembangunan untuk dilaksanakan di tahun 2015 yang disusun berdasarkan skala prioritas.

“Usulannya bukan hanya dari pemerintah saja, tapi juga melibatkan seluruh elemen masyarakat yang tertuang pada pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan yang tentunya telah melibatkan masyarakat secara langsung.” ujar Lis.

Selain itu, melalui Musrenbang Lis juga berharap adanya kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam perencanaan pembangunan.

Lis mengatakan, untuk menjaga konsistensi pencapaian target pembangunan yang optimal, ada 7 prioritas pembangunan di Kota Tanjungpinang, antara lain, peningkatan akses pelayanan untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas secara merata, optimalisasi pusat pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi lokal dengan menitikberatkan pada penciptaan produk lokal unggul dan berdaya saing, peningkatan sarana dan prasarana perkotaan, peningkatan kepariwisataan dan kebudayaan daerah, pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas, serta pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik.

Disamping itu, ada beberapa catatan penting yang menjadi perhatian Walikota Tanjungpinang terkait kinerja para aparatnya, khususnya para camat dan lurah yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pemerintahan. Kepada para camat dan lurah, Walikota berpesan agar camat dan lurah lebih cepat tanggap atas apa yang terjadi di lingkungannya, meningkatkan kewaspadaan dan siap siaga terhadap bencana, serta menjaga kondisi yang aman dan kondusif menjelang, selama, dan sesudah Pemilu 9 April mendatang. (Djoko)