Sampah Berserakan Di Jalan, “ Dimana DKP Batam Ya.. ? “

IMG_20160110_125902_HDR

Seorang warga yang sedang melintas dekat tumpukan sampah yang berserakan dengan aroma yang tidak sedap.

BATAM, Kepritoday.com – Aroma tidak sedap akibat dari sampah-sampah yang berserakan, menjadi pemandangan umum dikota Batam. Seperti halnya dipintu masuk Kampung Belian Batam Center, tepatnya didepan Perumahan Aiko dan Palazo Garden Batam. Senin. (11/01).

Walaupun didepan Perumahan tersebut sudah ada satu unit Countainer atau Bak sampah yang sudah disiapkan untuk menampung sampah, tapi kesadaran masyarakat sangat kurang, sehingga sampah-sampah yang seharusnya dibuang kedalam bak sampah menjadi berserakan diluar bak sampah, karena warga yang membuang sampah hanya main buang saja sambil mengendarai sepeda motor.

Pantauan awak media ini dilapangan, keseluruhan sampah tersebut kebanyakan sengaja dibuang oleh masyarakat secara langsung, sambil mengendarai sepeda motor dengan berjalan pelan-pelan mendekati lokasi bak sampah dan melemparkan sampah yang dibawa dengan seenaknya, sehingga sampah-sampah yang ada diluar bak sampah berserakan sepanjang lebih kurang dua puluh meter.

Saat awak media ini berada dilokasi, dan sempat memergoki salah seorang warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan ditepi jalan tersebut, dan saat ditanya kenapa tidak membuang sampah kedalam bak sampah yang sudah disiapkan, warga tersebut sambil tersenyum mengatakan “ Bahwa bak sampah yang tersedia sudah penuh, jadi saya buang saja keluar bak.” Kata warga tersebut sambil bergegas pergi.

Wati, salah seorang warga yang tinggal diperumahan yang berdekatan dengan lokasi pembuangan sampah tersebut merasa risih dengan aroma sampah yang menyengat dan sangat merusak pemandangan ini.

“ Saat saya lewat dilokasi tempat sampah tersebut saya tidak tahan dengan aroma baunya yang luar biasa menyengat dan sangat merusak pemandangan umum.“ Ujar Wati.

Setiap hari banyak lalu lalang kendaraan bermotor dan warga yang melintasi daerah tersebut sambil menutup hidungnya karena bau yang kurang sedap. Hal ini juga dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit apabila sampah dibiarkan terlalu lama menumpuk.

Yudi Admaji Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, ketika dihubungi menyangkut hal ini mengatakan, bahwa dia berjanji akan mengerahkan anggotanya untuk segera mengangkut sampah-sampah tersebut.

“ Sering kali petugas kami turun kelapangan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, dan membawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan dalam hal ini kami juga mengharapkan partisipasi dan kesadaran warga untuk menjaga kebersihan, dengan cara membuang sampah pada tempatnya yakni kontainer sampah yang di sediakan.” Jelasnya.

Saat berada dilapangan ternyata nampak hanya tersedia satu bak kontainer saja, hal ini tidak mungkin mencukupi untuk menampung sampah ratusan warga masyarakat disekitarnya setiap harinya. Semua ini tak terlepas dari peran serta warga dalam hal kebersihan dan kepedulian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan(DKP) Kota Batam untuk rutin mengangkut sampah. (Budi)