Rangkaian Kegiatan HUT TNI AU Diantaranya, Menggelar Seminar Dirgantara Tahun 2017

Marsekal Muda TNI AU, Agus Munandar, Saat Memberikan Keterangan Pers Tentang Rangkaian Kegiatan TNI AU di Ulang Tahunnya Bulan April Nanti

BATAM, Kepritoday.com – Jajaran TNI AU mengadakan kegiatan seminar kedirgantaraan tahun 2017, Jumat. (31 Maret 2017) di Ballroom Pasifik Hotel Jodoh Batam.

Tema yang diambil dalam seminar ini “Meningkatkan Potensi Dirgantara Dalam Rangka Pertahanan Negara”. Undangan yang hadir ada 530 orang, acara seminar ini dihadiri oleh Assisten Potensi Dirgantara kepala staf Angkatan Udara dari Mabes AU, Kementrian Pertahanan RI, Danrem 033/WP yang mewakili, Kapolda Kepri yang mewakili, LSM dan Organisasi Kepemudaan, serta Sekolah Penerbangan Batam, dan awak media.

Assisten Potensi Dirgantara Kepala Staf AU Marsekal Muda TNI AU, Agus Munandar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tugas TNI AU adalah melaksanakan tugas mantra udara bidang pertahanan, menegakkan hukum dan keamanan di wilayah udara yuridis nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah di ratifikasi, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara, dan melaksanakan pembangunan wilayah pertahanan udara.

Acara di lanjutkan dengan paparan-paparan dari Kementerian Pertahanan RI, Asisten Potensi Dirgantara AU, serta tanya jawab.

“Bertepatan dengan hari ulang tahun TNI AU bahwa setiap bulan april telah dicanangkan sebagai bulan dirgantara Indonesia, maka seluruh jajaran satuan TNI AU melaksanakan kegiatan kedirgantaraan yang sesuai dengan kondisi masing-masing,” kata Marsekal Muda TNI AU, Agus Munandar saat memberikan keterangan persnya di sela-sela acara seminar.

Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Indonesian Air Games, kegiatan ini mempertandingkan berbagai macam olahraga dirgantara seperti, Terjun Payung dan Paralayang, Gantolle, Paramotor, Terbang Layang, Trike, Aeromodelling dan Drone Race. Katanya lagi.

Agus menambahkan, untuk dirgantara expo antara lain statik dynamic show dari pesawat-pesawat TNI AU dan sipil, pameran potensi daerah, pameran pendidikan kedirgantaraan, pameran industri pertahanan,drumband taruna-taruni akademi AU dan lomba photography.

Kegiatan lainnya yaitu pemilihan putra-putri dirgantara 2017 untuk menjadi duta TNI AU, dalam kegiatan promosi dirgantara pada masyarakat Indonesia, dan seminar kedirgantaraan.” paparnya.

Dikesempatan tersebut, Kolonel Penerbang, Ignatius Wahyu Anggono, Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah saat mendampingi Marsekal Muda TNI AU, Agus Munandar menambahkan, kegiatan dirgantara merupakan korelasi dari peringatan ulang tahun 9 april, begitu juga dengan rangkaian kegiatan di Tanjung Pinang seperti, bakti sosial ada anjangsana ke panti asuhan, panti jompo, donor darah puta-putri dirgantara, dan sekarang kegiatan seminar dirgantara.

“Semua kegiatan ini kita laksanakan di Tanjung Pinang, dan untuk seminarnya kita adakan di Batam.” kata Wahyu, menutup pembicaraan. (Ain/Osr).