Ramadhan Berbagi, Pemko Sebar Pasar Murah

Pemko Tanjungpinang menggelar Pasar Murah untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan menjelang Idul Fitri 1438 H.

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang menggelar Pasar Murah untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pangan menjelang Idul Fitri 1438 Hijiriah, di Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat, Rabu (7/6).

Pasar murah juga tersebar di 11 titik lainnya yaitu Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bukit Bestari, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kantor Kelurahan Penyengat, Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Tanjungpinang Timur, Pinang Kencana, Kelurahan Batu IX, Kelurahan Tanjung Unggat, dan Kampung Bulang.

Pasar murah menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah yang disediakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian bekerjasama dengan BUMN yang ikut meramaikan pasar murah yang akan berlangsung selama sepekan.

Paket kebutuhan bahan pokok murah seharga Rp. 121.000, terdiri dari 2kg gula pasir, 2 liter minyak goreng, tepung terigu 2 kg, 30 butir telur ayam, 2 kaleng susu kental manis, dan 2 botol sirup.

” Harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah telah kita subsidi sehingga jauh lebih murah dari harga di pasaran “, ungkap Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah.

Menurutnya, pasar murah yang kita laksanakan ini untuk membantu masyarakat kurang mampu memenuhi kebutuhannya dalam suasana ramadhan.Tak hanya itu, pasar murah dihelat untuk meredam inflasi yang kerap terjadi menjelang perayaan hari besar keagamaan, terutama idul Fitri.

” Memanfaatkan pasar murah dengan sebaik-baiknya, sebab harga relatif murah, seluruh bahan pokok yang dijual pun berkualitas dan layak dikonsumsi “, ajak Lis kepada warga.

Program ini akan terus berkelanjutan, pihaknya akan mensuplay kebutuhan bahan pokok apabila para pedagang menaikan harga diluar kewajaran, ini merupakan upaya kita agar tidak terjadi lonjakan harga di pasaran, dan beberapa hari ke depan kita akan mengundang kembali pelaku pasar untuk menjaga harga agar tidak melambung tinggi,”

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, H. Juramadi Esram menjelaskan program ini kita laksanakan untuk mengurangi beban masyarakat menjelang, ” Kenaikan harga menjelang ramadhan dan idul fitri adalah fenomena berulang yang seolah tidak terhindarkan bagi kita, namun fenomena ini harus kita antisipasi melalui pasar murah ini”, katanya

Sementara itu Ibu Wiwit yang berdomisili di Kampung Jawa megungkapkan rasa syukurnya dengan adanya pasar murah ini, ” Alhamdulilah, pasar murah sangat membantu saya memenuhi kebutuhan keluarga, pokoknya meringankan beban kami, semoga Allah yang membalas segala kebaikan Walikota dan jajarannya “, katanya dengan wajah gembira.

Selain bahan kebutuhan bahan pokok. Pasar murah juga menyediakan hasil panen dari petani Tanjungpinang dibawah binaan Dinas Pertanian, Pangan dan perikanan bersama BI, seperti cabe jagung, nanas dan buah-buahan tradisonal lainnya.

Seusai membuka pasar murah, Walikota menyerahkan secara simbolis paket sembako murah kepada warga yang didampingi Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd. Warga terlihat menyerbu untuk membeli barang-barang yang disediakan pada pasar murah tersebut.

Hadir pada acara ini, para Asisten, Staf Ahli, jajaran kepala OPD, Camat serta Lurah. (Red/HM).

Top