R. Putri Rahmadina Sudah Tiga Tahun Bertugas Sebagai Tenaga Medis di Pulau Panjang

Putri R.Rahmadina petugas medis di Pulau Panjang saat memberikan keterangan pers, terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat Pulau Panjang.

BATAM, Kepritoday.com – Pulau Panjang merupakan salahsatu pulau yang berada di Batam Rempang Galang (Barelang), yang tidak jauh dari jembatan satu Barelang dan bisa di jangkau dengan menggunakan perahu kayu hanya berjarak sekitar 10 menit dari Batam, ini rata-rata aktifitas penduduknya adalah nelayan. Disana hanya ada dua sekolah, yaitu SDN 009 dan SMPN 14 Kecamatan Bulang Kelurahan Setokok Pulau Panjang.

Ada sekitar 100 kepala keluarga (KK) yang ada di Pulau Panjang tersebut. Di pulau ini juga ada seorang bidan yang bertugas dalam melayani kesehatan masyarakat disana.

Putri R. Rahmadina adalah bidan yang bertugas di Pulau Panjang Barelang,dia sudah tiga tahun bertugas di Pulau Panjang tersebut.

Menurut Dina (sapaan akrabnya), bahwa dari sepuluh jenis penyakit masyarakat disini, karena kebanyakan rata-rata lansia hampir 75 persen menderita  penyakit hypertensi, selebihnya sakit seperti Ispa, sakit gigi. Namun bila tidak ada obatnya kami rujuk ke Puskesmas induk di Pulau Buluh.

“Selama saya bertugas disini,tidak ada menemukan penyakit Demam Berdarah atau DBD,”kata Bidan Dina.

“Kami berharap kepada pemerintah,kami fasilitasi sarana dan prasarana nya,yang dicukupi,”kata Dina, Rabu (14/02).

“Untuk saat ini, alhamdulillah sudah masuk oksigen, kalau mau rujuk pasien alatnya yang kurang seperti kursi roda,” terangnya.

Dina menambahkan, Alhamdulillah mereka sudah mau menerima kita,karena lima tahun lalu kebelakang sudah masuk tenaga medis disini,kalau dulu mereka masih menjumpai dukun-dukun,dan alhamdulillah mereka sudah berbaur dengan tenaga medis.

“Seperti contohnya kalau ada yang mau melahirkan,mereka masih tetap menggunakan dukun beranak,namun walau demikian saya tidak menepikan mereka,namun tetap saya ajak kolaborasi,asal mereka tidak mengganggu kerja saya,kalau normalnya mereka seperti apa,ya silahkan.” ungkapnya. (Andri/Oscar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *