'

Program RTLH di Kota Tanjungpinang Berjalan Sukses

wawako-tinjau-rtlh

Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd Bersama Ketua RT 04 RW 06, Usnadi, Meninjau Rumah Warga Yang Mendapat RTLH di Kelurahan Tanjung Unggat

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – H. Syahrul, S. Pd, Wakil Walikota Tanjungpinang, meninjau langsung realisasi bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang diberikan Pemerintah Kota Tanjungpinang, kepada Warga yang ditujukan menerima bantuan program RTLH tahun 2014, Jum’at (23/01).

Dalam peninjauan RTLH tersebut, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, didampingi oleh, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Drs. Surjadi, MT, Kadis Kesehatan, Rustam, SKM, M.si, Kadis KPPKE, H. Adnan, S.Sos serta perwakilan dari BP3AKB, Bappeda dan dari Dinas Pendidikan.

Selain meninjau program RTLH, rombongan juga meninjau proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) berupa, pembangunan tower air bersih di 8 titik pada wilayah Kelurahan Tanjung unggat, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan kelompok nelayan budidaya ikan.

Dari hasil peninjauannya, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, mengungkapkan, peninjauan ini merupakan program dari pusat yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang pada tahun 2014 lalu.

Bantuan tersebut mempunyai nilai sebesar Rp. 17 Juta untuk masing-masing rumah, dan total bantuan telah diberikan pada tahun itu sebanyak 388 RTLH.” Ungkapnya, saat diwawancarai oleh awak media di Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang.

Dilanjutkan Syahrul, pada peninjauan terakhir ini, pelaksanaan pembangunan RTLH sudah terlihat pada tahap finishing, dan sudah terealisasi sebanyak 95 persen, tidak saja pada bantuan RTLH, namun pada bantuan pemasangan Instalasi Listrik serta bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dan ditahun 2015 ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang telah mengusulkan sebanyak 300 RTLH.

Oleh karena itu, Syahrul berharap, bagi masyarakat penerima manfaat harus bersyukur, disamping itu juga, tentunya warga penerima manfaat agar dapat mempertahankan komposisi rumah dari yang tidak layak huni menjadi layak huni, dan bagi kelompok KUBE untuk terus mengembangkan usahanya.” Harapnya.

Kunjungan pelaksanaan pembangunan RTH, Posyandu, KUBE, pemasangan Instalasi Listrik bagi masyarakat penerima manfaat itu dilaksanakan di Kelurahan Tanjung unggat, Kelurahan Batu IX, Kelurahan Tanjungpinang Kota, Madong, dan Kampung Bugis.

Untuk tahun 2014 lalu, Pemerintah Kota Tanjungpinang, telah memberikan Bantuan RTLH sebanyak 388 unit rumah. Pembangunan Posyandu baru 4 unit, rehab ringan Posyandu 6 unit, rehab Pokeskel sebanyak 2 unit, rehab ringan Puskesmas pembantu 4 unit, pemasangan listri pada Poskeskel 1 pustu dan 1 polindes.

Selain itu, bagi Kelompok Nelayan, Pemko telah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana budidaya kepada 30 orang nelayan, untuk sarana dan prasarana tangkap berupa kawat bubu sebanyak 40 orang, sondong 30 orang, mesin ketiting 30 orang, jala 25 orang serta lampu sorot sebanyak 50 orang. (djo)

 

Top