Polda Kepri Adakan Syukuran HUT Polwan Ke-68 Tanggal 1 September 2016

Pemotongan tumpeng oleh Kapolda Kepri dan di dampingi Wakapolda Kepri

Pemotongan tumpeng oleh Kapolda Kepri dan di dampingi Wakapolda Kepri

BATAM, Kepritoday.com – Perayaan Hari Ulang Tahun Polwan Ke-68 Polda Kepri dilaksanakan dengan kegiatan Syukuran di Gedung Lancang Kuning, Polda Kepri, pada hari Kamis tanggal 1 September 2016 pukul 09.30 Wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, Wakapolda Kepri, Para Pejabat utama Polda Kepri, pengurus Bhayangkari Daerah Kepri, para sesepuh dan senior Polwan,  para Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Polda Kepri serta tamu undangan.

Dalam Amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Polisi, Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, yang dibacakan oleh Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH menyampaikan, sebagai pimpinan Polri, Kapolri mengucapkan “ Dirgahayu Polisi Wanita ke – 68 ” kepada seluruh personel Polwan Republik Indonesia, dimanapun saudari berada dan bertugas.

Kapolri yakin dan percaya, para Polisi Wanita Indonesia akan selalu tergerak untuk menjadi Srikandi Bhayangkara yang tangguh dan mampu membawa harum nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebankan kepadanya.

Penyerahan nasi tumpeng kepada polwan termuda dan polwan senior oleh Kapolda Kepri

Penyerahan nasi tumpeng kepada polwan termuda dan polwan senior oleh Kapolda Kepri

Sejarah mencatat, tanggal 1 september sebagai hari lahirnya Polisi Wanita Indonesia. Sejarah ini bermula saat masa pemerintahan darurat Republik Indonesia menghadapi Agresi Militer Belanda II di Kota Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Saat itu, guna kebutuhan dalam rangka pemeriksaan dan penggeledahan pengungsi, maka diperlukan keberadaan Polisi Wanita.

Setelah dilakukan seleksi, terpilih 6 (enam) orang remaja putri lulusan meer uitgebreid lager onderwijs (mulo) dan sekaligus menjadi perintis Polisi Wanita di Indonesia. Kisah perjuangan para wanita perintis Polwan ini, hendaknya dapat dikenang dan diketahui oleh para Generasi Polwan masa kini. Karena dengan memahaminya, maka kita akan dapat memaknai nilai-nilai perjuangan para perintis Polwan, sebagai landasan semangat dalam memberikan dedikasi dan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

Tantangan tugas pelayanan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak, merupakan keniscayaan bagi eksistensi Polwan Indonesia, bahkan saat ini meluas kiprahnya pada tataran tugas Operasional lainnya, seperti Penyidik, Negosiator, Kontingen Peace Keeper Force, maupun sebagai Kasatwil / Kasatker.

Melalui tema peringatan HUT Polwan tahun 2016 ini, yakni Dengan Meningkatkan Soliditas, Profesional dan Revolusi Mental, Polwan siap Mengamankan Kebijakan Pemerintah, Kapolri juga berharap para Polwan Indonesia akan selalu bersungguh  sungguh dalam bertugas, serta senantiasa meningkatkan kemampuannya.

Poto bersama Kapolda Kepri bersama seluruh polwan yang ada di lingkungan Polda Kepri

Poto bersama Kapolda Kepri bersama seluruh polwan yang ada di lingkungan Polda Kepri

Arah kebijakan yang telah digariskan kedalam 11 Program Prioritas Kapolri, agar dapat dilaksanakan dengan baik, melalui peran serta aktif para Polwan dibidang tugas masing-masing. Sehingga kedepan, Polisi Wanita Indonesia, dapat turut serta mensukseskan Visi Polri dalam Mewujudkan Polri yang semakin Profesional, Modern dan Terpercaya.

Berikut beberapa hal yang disampaikan Bapak Kapolri untuk dapat dijadikan pedoman, yaitu :

Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, sebagai landasan dalam memaknai bahwa pilihan berdinas di Polri merupakan jalan untuk beribadah.

Perkuat soliditas dan kesatuan diantara sesama Polwan, pahami bahwa Polwan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Polri, sebagai satu kesatuan;

Jaga nama baik, martabat dan kehormatan diri sebagai seorang Polwan. Hindari segala bentuk penyimpangan / pelanggaran yang akan merusak citra Polwan;

Kembangkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki secara optimal, sehingga menghasilkan karya nyata yang berkualitas, bermakna dan bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara;

Manfaatkan dengan maksimal setiap peluang untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, termasuk melalui pemanfaatan media sosial secara cerdas, terukur dan bermartabat;

Tingkatkan hubungan dan komunikasi dengan organisasi kewanitaan, baik TNI maupun organisasi wanita lainnya, melalui berbagai kegiatan positif sebagai wahana pembelajaran, guna memajukan dan mengembangkan kiprah Polwan di Indonesia. (And/Osc)