Plt Sekda Kagumi Produk Tekhnologi Tepat Guna Putra/Putri Kabupaten Bintan

BINTAN, Kepritoday.com – Tak ada yang pernah menyangka bahwa Putra/Putri Kabupaten mempunyai bakat yang sangat menjanjikan di Bidang Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) seperti menciptakan Dongkrak Mobil Elektrik, Alarm Motor Maling ataupun Tambal Ban Elektrik . Hal itu terlihat dari sejumlah presentasi yang ditampilkan oleh 10 Peserta yang terdiri dari para pelajar serta masyarakat dalam Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) yang diselenggarakan di Lapangan Relief Antam Kijang, Rabu pagi ( 26/04 ).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan, bahwa Kegiatan tersebut merupakan suatu langkah dan upaya dalam mengenalkan kreatifitas dan inovasi anak- anak Kabupaten Bintan dalam menciptakan tekhnologi tepat guna yang berbahan murah meriah namun bisa diunggulkan dan bermanfaat di masyarakat. Seperti halnya produk Alarm Motor Maling yang hanya mengeluarkan biaya Rp 46.000,- namun memberikan manfaat bagi menurunkan kerawanan pencurian sepeda motor.

Dirinya juga mengatakan bahwa seyogyanya total peserta yang akan mengikuti semulanya berjumlah 15 kelompok namun karena berhalangan tekhnis maka ada 10 kelompok yang menampilkan karyanya pada hari ini. Menurutnya hasil dari Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) merupakan suatu langkah maju dan bersejarah karena untuk pertama kalinya menampilkan potensi kreasi anak-anak Kabupaten Bintan dengan menampilkan produk kreatif yang memiliki keunikan tersendiri.

” ini akan menjadi langkah awal, dimana harapan kedepannya output yang dihasilkan mudah-mudahan mampu meningkatkan potensi lokal serta mampu dilirik oleh investor ” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa akan diambil 3 orang utusan yang akan dikirimkan ke Tingkat Provinsi pada tanggal 17 Mei 2017 di Kota Batam serta 1 utusan lagi mewakili Kabulaten Bintan ke Tingkat Nasional pada tanggal 1 November 2017.

Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs Adi Prihantara yang melihat langsung presentasi merasa kagum dimana dirinya menegaskan bahwa langkah ini harus diapresiasi guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi khalayak ramai.

” kreatifitas dan inovasi yang harus terus ditingkatkan ” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Tekhnologi Tepat Guna yang juga Kabid Pengembangn Masyarakat Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kabupaten Bintan Zamir Ambiya A Razak mengatakan bahwa penyelenggaraan Kegiatan Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) , yang melibatkan Putra/Putri Kabupaten Bintan merupakan refleksi dari program Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos untuk membuat program yang mampu menampilkan kreatifitas dan inovasi Putra/Putri Kabupaten Bintan ke Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.

” Program ini seyogyanya merupakan refleksi keinginan Bapak Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos untuk memberikan , mengenalkan dan menampilkan hasil inovasi dan kreatifitas Putra/Putri Kabupaten Bintan ke Tingkat yang lebih tinggi ” tutupnya.

Adapun hasil pemenang dari Lomba Tekhnologi Tepat Guna ( TTG ) Kabupaten Bintan, Tahun 2017 yaitu Juara 1 diraih oleh pelajar SMK Negeri 1 dengan produk Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam Untuk Pertanian , Juara 2 diraih oleh pelajar SMK Negeri 1 Bintan Utara dengan produk Alarm Anti Maling dan Juara 3 diraih oleh SMP IT Tanjung Uban dengan produk Tambal Ban Elektrik. (Red/Hm).