Pilkada Jabar, Ketua IWO Karawang: Jadikan Media Agen Sosialisasi

JAWA BARAT, Kepritoday.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang bersama Insan Pers mengelar sosialisasi Pilkada, bertempat di Café Rumpi Kawasan Interchange, Karawang, Jawa Barat, Senin 25 Juni 2018.

Acara bertema ‘Media Berperan Sebagai Agen Sosialisasi dan Bukti Nyata Independensi’, sebagai pemateri adalah para jurnalis yakni Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Karawang Ega Nugraha Susanto, Wartawan Radar Karawang Ahmad Fauzi dan Wartawan Portaljabar.net, Yusri Amarahman.

Ketua IWO Ega dalam paparannya menyebutkan bahwa media harus berperan sebagai agen sosialisasi dengan tujuan untuk mensukseskan hajat politik tahun 2018 yaitu Pilgub Jabar.

“Peran media adalah corong informasi yang membantu KPU dalam mensosialisasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Pilgub kepada masyarakat luas,” ucap Ega.

Menurut Ega walaupun memang tugas sosialisasi Pilgub Jabar adalah tugas pokok dari KPU, media berkewajiban untuk ikut serta mensosialisasikan sebagai tanggung jawab kepada masyarakat.

“Sosialisasi Pilgub Jabar ini merupakan kewajiban media untuk ikut serta mensuskseskan hajat politik ini,” ucapnya.

Sementara pemateri Ahmad Fauzi juga memaparkan agar media bisa bersikap independen dalam Pilgub dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

“Sudah seharusnya media dan wartawan bisa bersikap independen dalam memberitakan sekitar Pilgub, terutama jangan terlalu melakukan keberpihakan kepada salah satu pasangan calon Gubernur,” ujarnya.

Karena menurut Fauzi independensi wartawan adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Walaupun memang tidak terlepas setiap wartawan adalah individu yang pasti punya pilihan politik masing-masing

“Seorang wartawan harus independen dalam melaksanakan tugas, terlepas wartawan tersebut sudah berafiliasi dengan ideologi atau entitas politik tertentu,” tandas dia. (IWO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top