'

Peringatan Hari Ibu Ke-86 di Kabupaten Bintan Meriah

Gerak-Jalan-Santai-Memperingati-hari-Ibu-300x225

Acara Gerak Jalan Santai Memperingati Hari Ibu ke-86 di Kabupaten Bintan.

BINTAN, Kepritoday.com – Puncak pelasanaan Hari Ibu Ke-86 Tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan di Lapangan bola kaki Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara, Selasa 23/12.
Acara diawali dengan melakukan Gerak Jalan Santai dan Senam sehat bersama. Kegiatan ini dibuka dan dilepas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bintan Dewi Kumala Sari Ansar.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan Hari Ibu menyampaikan peringatan hari Ibu ini merupakan upaya bangsa indonesia untuk mengenang kaum perempuan indonesia dalam perjaungan merebut kemedekaan, dilandasi cita” dan semangat persatuan.

Masih dikatakannya pada kongres perempuan indonesia tahun 1938 di bandung 22 desember ditetapkan untuk hari ibu, dan diperkuat dengan keputusan presiden no 316 tahun 1959 tentang hari nasional yang bukan hari libur dan diperingati sebagai hari ibu

lebih lanjut katanya adapun tujuan peringatan hari Ibu adalah untuk mewarisan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan, kepada seluruh masyarakat indonesia terutama generasi muda untuk mempertebal tekad dan keyakinan untuk mengisi kemerdekaan dan pembangunan serta tekad untuk mewujudkan perdamainan yang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai pengamalan pancasila serta meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peran dan kedudukan kaum perempuan indonesia dalam upaya meningkatkan keutuhan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran serta baik pribadi, mandiri maupun organisasi dalam berbagai aktifitas pembangunan.

Serta meningkatkan peran perempuan indoesia dalam setiap aspek berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan. meningkatkan kesetaraan hak dan kewajiban perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan demokrasi yang partisipatif, meningkatkan peran serta instansi pemerintah untuk menempatkan perempuan pada posisi mengambil kebijakan.

Adapun Tema PHI ke-86 yakni kesetaraan perempuan dan laki dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan menuju indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Wakil Bupati Bintan Khazalik dalam sambutannya menyampaikan peringatan hari ibu bisa saja merupakan rutinitas karena setiap tahun kita melaksanakan hari ibu ini sebagaimana kita memperingati hari besar nasional yangg lainnya, akan tetapi peringatan hari ibu mestinya dimaknai dengan sesuatu yang istimewa dan tersendiri.

lebih lanjut wabup Khazalik menjelaskan perjuangan kemerdekaan seperti kita ketahui bahwa bukan hanya dilakukan oleh pria, perjuangan dalam merebut kemerdekaan, membangun dan membesarkan negeri ini juga diperankan oleh ibu-ibu.

“apalagi di era sekarang kita ketahui bahwa semangat untuk kesamaan antara ibu-ibu dan laki-laki bukanlah sesuatu yang baru kita dengar dan ini bukan tanpa landasan dan tanpa pertimbangan, tetapi ketahuiah bahwa ibu-ibu adalah kaum yang sama dan mampu berperan yang sama dengan kaum laki-laki, sebagaimana kiprah-kiprah yang telah diberikan “. Ujar Khazalik

Khazalik menerangkan di Kabupaten Bintan sendiri, peran perempuan telah terbukti dengan adanya ibu-ibu yang menjadi Anggota DPRD dalam dua periode, bahkan pada tahun 2014 ini kita telah mengutus Ibu Dewi sebagai anggota DPRD Prov kepri. dan beberapa para pejabat-pejabat eselon II, para camat dan eselon III di Pemerintah Kabupaten Bintan diduduki oleh kaum perempuan.

Semua itu bukanlah sesuatu pemberian tetapi memang mereka mempunyai kemampuan kualitas dan kompetensi sehingga memiliki daya saing utuk duduk dalam jabatan tersebut. Ini semua merupakan bukti bahwa kedududukan perempuan dan laki-laki adalah sama.

Khazalik berpesan kepada ibu-ibu khususnya di Kabupaten Bintan ini, jangan ada keraguan akan adanya diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.
” Apalagi bila kita membaca media-media sosial yang ada saat ini, masyarakat tidak hanya melihat perjuangan dan kiprah kaum ibu dalam berbagai bidang pembangunan, tetapi lebih menyorot mengenai pengabdian dan rasa kasih sayang ibu-ibu yang diberikan kepada masyarakat, anak-anak dan keluarganya. oleh karena itu pada saat dan masanyalah kita memberi apresiasi atas pengabdian itu”. imbuh Khazalik

Pada kesempatan itu, Wabup Khazalik mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang telah diberikan oleh para kepala desa di Bintan yang telah berakhir masa jabatannya. Untuk itu Pemkab Bintan memberikan piagam Purna Bhakti dan dana Purna Bhakti. Penyerahan Piagam purna Bakti kepada kepala desa yang telah berakhir masa jabatan diberikan kepada 15 orang.

Pada Peringatan Hari Ibu juga diserahkan pemberian hadiah Dalam rangka Pelaksanaan program Pemberdayaan Perempuan Kab. Bintan Tahun 2014 kepada Kelompok BKB Tuapaya, PT. CCI Lobam, Gerakan sayang Ibu (SKL) dan Agro Jamur Serikuala Lobam

Disamping itu juga penyerahan dana Reward bagi desa yang telah melaksanakan ADM terbaik diserahkan kepada 3 desa yaitu Desa Sri bintan, Desa Malang Rapat dan Desa berakit, serta penyerahan Dana insentif RT/RW dan Operasional LPM untuk triwulan keempat.

Hadir dalam peringatan Hari Ibu tingkat Kbupaten Bintan Fasharkan Mentigi, FKPD Kab. Bintan, Sekda Bintan, Kepala Sekolah, Ketua TP PKK bintan, Angota DPRD Kab. Bintan, Ketua GOW Kab. Bintan, Ketua Darma wanita Kab. Bintan dan para Gabungan Organisasi Wanita se-kabupaten Bintan. (edison/hum)

 

Top