'

Perhelatan MTQ XIII Kota Tanjungpinang Resmi di Tutup Walikota

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XIII tingkat Kota Tanjungpinang resmi ditutup oleh Walikota Tanjungpinang, H.Syahrul, S.Pd, Selasa Malam (9/4). Penutupan acara tahunan yang bertempat di Terminal Sungai Carang ini berlangsung semarak dan diwarnai dengan antusiasme masyarakat Kota Tanjungpinang yang turut hadir dalam acara penutupan MTQ tersebut.

Pelaksanaan kegiatan MTQ yang telah berlangsung sejak tanggal 4-9 April ini telah menghasilkan peserta terbaik yang berasal dari kafilah tiap-tiap Kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang H.Syahrul, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa perhelatan MTQ ke-XIII ini diadakan bukan hanya sebatas kegiatan seremonial tahunan, melainkan untuk menumbuhkan rasa cinta generasi muda dan masyarakat terhadap Al-Quran.

Syahrul juga menambahkan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan MTQ ke-XIII ini yang dimulai dari tanggal 4-9 April. Mulai dari semarakknya Pawai Ta’aruf pada acara pembukaan, ramainya masyarakat yang hadir pada saat acara MTQ berlangsung hingga ke acara penutupan.

“Saya senang melihat antusias masyarakat Kota Tanjungpinang terhadap kegiatan keagamaan seperti MTQ ini, spirit MTQ bukan hanya dilihat dari proses pelaksanaan MTQ melainkan bagaimana proses menanamkan nilai-nilai pandangan Al-Quran yang merupakan pedoman hidup guna terciptanya kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat,” ungkap Syahrul.

Syahrul juga menambahkan bahwa MTQ sesungguhnya merupakan wahana untuk berkompetisi dalam kebaikan atau fastabiqul khairat untuk dapat memacu diri lebih mengenal, memahami dan menghayati Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Syahrul berharap pembinaan Tilawatil Quran dapat terus ditingkatkan dan berlanjut terutama dalam mempersiapkan hasil terbaik guna menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan diadakan di Kabupaten Bintan pada tanggal 27 April mendatang.

“Saya berpesan kepada Ketua LPTQ untuk dapat mempersiapkan diri agar kafilah Kota Tanjungpinang dapat meraih yang terbaik pada MTQ tingkat Provinsi mendatang, kepada yang juara saya ucapkan selamat dan kepada yang belum beruntung saya berpesan untuk terus belajar agar mampu sukses dikemudian hari,” tutup Syahrul.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas terselenggaranya MTQ XIII Kota Tanjungpinang tahun 2019.

Lebih lanjut, Rahma mengungkapkan apresiasi terhadap segala pihak yang telah membantu atas terselenggaranya acara tahunan seperti MTQ ini. Ia juga menjelaskan dalam sambutannya bahwa ia bersama stakeholder yang ada telah berupaya semaksimal mungkin dalam pembinaan pendidikan keagamaan. Fokus terhadap pembinaan Qori dan Qoriah terus digalakkan melalui TPA, MDA, Rumah Tahfidz dan Pesantren yang tersebar di Kota Tanjungpinang.

“Apabila daerah mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di lingkungan masing-masing maka daerah tersebut telah mampu mengkaderisasi Qori dan Qoriah berprestasi sehingga dapat mengirimkan Qori dan Qoriah yang baru dalam setiap penyelenggaraan MTQ,” imbuh Rahma.

Dalam kegiatan MTQ ke-XIII tingkat Kota Tanjungpinang ini, Kecamatan Bukit Bestari sukses menjadi Juara Umum dengan unggul disetiap kategori yang diperlombakan. Walikota Tanjungpinang menyerahkan piala bergilir kepada juara umum yang diterima langsung oleh Camat Bukit Bestari serta didampingi oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dan Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang.

Turut hadir dalam acara penutupan MTQ ke-XIII Kota Tanjungpinang mulai dari unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Ketua DWP Kota Tanjungpinang dan perwakilan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top