Penyusunan Indikator Kinerja Utama Kabupaten Natuna

natuna

Rapat Penyusunan Indikator Kinerja Utama Kabupaten Natuna

NATUNA, Kepritoday.com – Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna menggelar acara Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU). Kegiatan penyusunan IKU ini, diikuti peserta dari semua SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan (Assisten-1) Drs. H. Yacob Ismail (Senin, 11 Agustus 2014) siang, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Natuna, yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, sampai dengan tanggal 13 Agustus 2014.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Organisasi Kab. Natuna Wan Erwandi, SE., kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Nomor PER/09/M.PAN/5/2007, Tentang Pedoman Umum Penetapan Indikator Kinerja Utama di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Erwandi juga menjelaskan, dilaksanakan kegiatan penyusunan IKU ini bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Natuna, yaitu dengan menetapkan IKU sebagai dasar pengukuran keberhasilan pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis yang telah ditetapkan.

“Tujuan penetapan IKU, untuk memperoleh informasi kinerja yang penting dan diperlukan dalam penyelenggaraan manajemen kinerja secara baik, serta Penetapan IKU SKPD mengacu pada renstra SKPD”, tegas Erwandi dalam pemaparannya.

Disamping itu, jelasnya adalah untuk memperoleh ukuran keberhasilan dari pencapaian suatu tujuan dan sasaran strategis organisasi, yang digunakan untuk perbaikan kinerja dan peningkatkan akuntabilitas kinerja.

Sedangkan ruang lingkup IKU, meliputi Pertama ; IKU Pemerintah Daerah, dan Kedua ; IKU SKPD. Dimana setiap SKPD wajib menyusun IKU SKPD yang ditetapkan dengan keputusan kepala SKPD, karena IKU wajib digunakan sebagai dasar untuk :
a) menetapkan rencana kerja tahunan;
b) menyusun dokumen penetapan kinerja;
c) menyusun laporan akuntabilitas kinerja; dan
d) melakukan evaluasi pencapaian kinerja.
Dalam kegiatan ini, dihadirkan sebagai narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Pemerintah RI – Jakarta. (djo)

Sumber : Hastuti – Kabid. Kominfo, Dishub Kominfo Kab. Natuna