Penimbangan di Unit Bank Sampah City Garden dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Kegiatan penimbangan oleh pengurus unit Bank Sampah City Garden.

BATAM, Kepritoday.com – Pengurus Unit Bank Sampah City Garden setiap bulan  di minggu ke-empat seperti biasa nya melakukan kegiatan penimbangan bulanan bank sampah di  Fasilitas umum (Fasum) wilayah tersebut bersama warga masyarakat di sekitarnya.

Bank sampah ini dibentuk sejak September  2015 dengan jumlah  126 kepala keluarga di wilayah perumahan City Garden.

Kamis (24/08/2017) dilakukan kegiatan penimbangan bank sampah tersebut antara lain pengumpulan sampah-sampah  bersih warga seperti kardus, gelas mineral plastik bekas dan lain sebagainya untuk di timbang, dihitung dan dijadikan uang, selanjutnya usai acara dilaksanakan sosialisasi dari Kantor BPJS Ketenaga kerjaan.

Hadir dalam kesempatan ini juga Lurah Belian, Pejabat  BPJS Ketenagakerjaan, warga  City Garden,guru  dan murid-murid TK Al Fams Batam.

Lurah Belian Kamarul Azmi yang hadir dalam sambutannya mengapresiasikan kegiatan ini yakni membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah di lingkungan dan apabila dibiarkan sampah lingkungan menumpuk banyak maka akan berdampak terjadinya banjir dan menjadi sumber penyakit.Selain mengumpulkan sampah bekas pakai, warga akan mendapatkan penghasilan tambahan uang dan Jaminan Ketenagakerjaan.

“Semoga di wilayah perumahan lain dapat ditularkan dan di sosialisaikan untuk kegiatan seperti ini dengan mengadakan Unit Bank sampah  di perumahan lainnya  “Kata Kamarul Azmi di sela sela sambutannya.

Siggit Ratu Herlina selaku Ketua Unit Bank Sampah City Garden ketika di tanyakan Kepritoday usai penimbangan mengatakan, selain warga setempat kali ini juga hadir anak anak dari Taman kanak kanak Al Fams yang sekolahnya tidak jauh dan  berada tepat didepan tempat Unit Bank Sampah tersebut, mereka merasa senang ikut serta mendukung program kegiatan ini.

“Mereka mengumpulkan botol-botol mineral bekas dari plastik dari rumah masing-masing dan diserahkan kepada pengurus Unit Bank Sampah City Garden agar nantinya dan bmurid murid ini mengerti sampah bekas ini dapat diolah kembali dan berguna  “ Tambah Siggit.

Foto bersama Lurah Belian dan  Pengurus Unit Bank Sampah City Garden.

Kedepannya diharapkan semua warga lebih mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan serta mengolah sampah bekas dengan baik

Usai acara penimbangan pengurus anggota dan warga City Garden juga mendengarkan sosialisasi dari Kantor BPJS Ketenagakerjaan wilayah Batam.

Kepala Bidang Pemasaran BPU BPJS Ketenagakerjaan Batam Rini Suryani mensosialisakan dan memberikan informasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada warga setempat, bahwa masyarakat khususnya pekerja Mandiri seperti pengurus dan anggota Unit Bank Sampah City Garden dapat bergabung  dan nantinya akan mendapatkan perlindungan Ketenagakerjaan.

Perlindungan ketenagakerjaan tersebut antara lain Program Kecelakaan Kerja,Jaminan Kematian dan Jaminan Hari Tua (JHT)

Dan syarat untuk menjadi calon peserta hanya melampirkan KTP, usia tidak lebih dari 56 tahun , membayar iuran Rp. 36.800 perbulan serta memiliki usaha mandiri selain pekerja tetap, contohnya seperti usaha bisnis online atau lainnya.

Dengan program ini peserta diharapkan dapat melaksanakan aktifitas pekerjaan dengan baik dan apabila terjadi kecelakaan akan diberikan pertanggungan sampai benar benar  sembuh.

“Kiranya dengan program ini masyarakat pekerja baik formal maupun informal  dapat dilindungi BPJS Ketenaga kerjaan  sehingga apabila terjadi resiko kecelakaan dan kematian  dapat segera di atasi dan kedepannya memiliki Jaminan Hari Tua “ pungkas Rini menutup pembicaraannya. .(Oscar/Tri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top