'

Penghasilan Menurun, PT. Numbing Jaya PHK Karyawannya

index

Poto : Istimewa

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Karena pemasukan perusahaan mengalami penurunan. Sedangkan untuk biaya operasional memerlukan dana yang tidak sedikit, sementara pendapatan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan karet ini berpenghasilan kurang dari biaya operasional perusahaan, sehingga PT. Numbing Jaya terpaksa mem – PHK sebanyak 750 orang pekerjanya.

PHK ini dilakukan, karena, harga jual karet kering kini sedang anjlok, dari harga normal Rp. 30 ribu per kilogram, saat ini hanya Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan kemampuan produksinya per bulan, hanya sekitar 150 ton. Sehingga PT Numbing Jaya tidak mampu memenuhi biaya operasional produksinya.

Sementara itu, Cabang PT. Numbing Jaya, yang ada dipulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, juga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bagi karyawan-karyawannya, karena pemasukan perusahaan mengalami penurunan.

Hal tersebut disampaikan Heri, Kepala TU Cabang PT. Numbing Jaya, yang ada di Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, saat memberikan komentar mengenai 750 karyawan PT. Numbing Jaya, yang berkantor pusat di Pulau Numbing, Kabupaten Bintan, yang di PHK, kepada Kepritoday.com, melalui Handphone Selulernya. Kamis, (01/09).

Dijelaskan Heri, PT. Numbing Jaya memang melakukan PHK terhadap pekerjanya sebanyak 750 orang, itu juga terhadap tenaga kerja lama yang sudah menjadi karyawan tetap di PT. Numbing Jaya, namun, pihak PT akan menerima kembali pekerja yang di PHK untuk menjadi buruh lepas.

“ Memang Kantor Pusat PT. Numbing Jaya, yang ada di Kabupaten Bintan telah mem PHK  sebanyak 750 pekerjanya, termasuk Cabang PT. Numbing Jaya yang ada di Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, tapi, pihak perusahaan akan menerima kembali pekerja yang di PHK menjadi buruh lepas.” Kata Heri.

Sementara, saat Kepritoday.com menyinggung mengenai karyawannya yang ada di Kantor Cabang PT. Numbing Jaya, di Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Heri mengatakan, bahwa, untuk karyawan PT. Numbing Jaya yang ada di Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, dari 750 orang, ada sekitar 37 orang pekerja yang di PHK di Pulau Sebangka, dan sisanya ada di Bintan. Jelasnya.

“ PHK terhadap pekerja-pekerja di Cabang PT. Numbing Jaya, yang ada di Pulau Sebangka, Kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, ada sekitar 37 orang, dan pemberhentian ini akan dilakukan dengan sistim yang sama, yaitu, pihak perusahaan akan menerima kembali pekerja lama yang di PHK menjadi buruh lepas.” Katanya kepada Kepritoday.com. (Raja Z Arifin)

 

Top