Pembukaan MTQ ke XI Kecamatan Tanjungpinang Barat Berlangsung Meriah

H.Irwan, S.Sos, MM, Camat Tanjungpinang Barat, bersalaman dengan Walikota, Wawako dan Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Minggu (02/03/2017) bertempat di Jl. H. Agussalim di halaman Kantor Camat Tanjungpinang Barat. Telah diresmikan pembukaan MTQ XI oleh Walikota H. Lis Darmansyah, SH dengan ditandai penekanan tombol sirine.

Turut hadir tamu undangan Wakil, Walikota Tanjungpinang sekaligus Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Ketua dan segenap Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Para Asisten, Staf Ahli, dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang serta para Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang, Ketua Majelis Ulama Kota Tanjungpinang, Kapolsek Tanjungpinang Barat, Pengurus organisasi tingkat Kecamatan, dan Ketua RT/RW.

Camat Tanjungpinang Barat H. Irwan, S.Sos,MM melaporkan : pelaksanaan MTQ ke XI adapun maksud dan tujuan MTQ sebagai salah satu perwujudan dari visi dan misi Walikota Tanjungpinang dalam mengembangkan kehidupan yang agamis dan berbudaya serta demokratis dalam bingkai Pancasila, di samping sebagai kegiatan syiar Islam dalam kehidupan bermasyarakat, mendorong terciptanya pemahaman, penghayatan dan kecintaan umat kepada Al-Qur’an. Upaya mendekatkan Al-Qur’an dan umat khususnya generasi muda Islam sehingga dapat terciptanya generasi yang Qur’ani, sebagai ajang seleksi untuk mendapatkan Qori dan Qori’ah, Hafizh dan Hafizhah terbaik yang akan diikutsertakan sebagai utusan Kecamatan Tanjungpinang Barat pada MTQ tingkat Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang dan Wawako beserta tamu undangan

Peserta MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 ini adalah kafilah atau utusan dari masing-masing kelurahan se-kecamatan Tanjungpinang Barat yang berjumlah 40 peserta, ditambah 4 grup seni qasidah dan 4 grup berzanji.

Waktu pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai hari Minggu tanggal 2 sampai dengan Selasa tanggal 4 April 2017 bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Adapun cabang-cabang yang akan diperlombakan pada MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 sebanyak 5 cabang, cabang tilawah golongan tartil putra dan putri, cabang tilawah golongan anak-anak putra dan putri, cabang tilawah golongan remaja putra dan putri, cabang tilawah golongan dewasa putra dan putri, dan cabang hafizh Al-Qur’an golongan 1 juz dan tilawah putra dan putri, khusus cabang ini kecamatan Tanjungpinang Barat merupakan satu-satunya kecamatan di Kota Tanjungpinang yang melaksanakan seleksi pada tingkat kecamatan yang dimulai dari tingkat kelurahan se kecamatan Tanjungpinang Barat, inipun atas dasar mengakomodir aspirasi dari hafizh serta melihat sejauh mana potensi yang ada di Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Selanjutnya pada rangkaian kegiatan MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 ini akan dilaksanakan perlombaan-perlombaan lainnya seperti, perlombaan snei qasidah putri, perlombaan berzanji putra dan putri, dan bazaar.

Tema yang diusung pada kegiatan MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 ini adalah “Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kita jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dalam kebhinekaan dan toleransi untuk membentuk generasi Qur’ani menuju Tanjungpinang gemilang.”

Selama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran diadakan juga bazar MTQ  bekerja sama dengan ibu-ibu PKK dan BKMT kec. Tanjungpinang Timur dibuka secara resmi oleh ibu ketua tim penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Ibu Yuniarni Pustoko Weni, S.H.

Seluruh kegiatan MTQ tingkat kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017 dibiayai melalui APBD kota Tanjungpinang melalui DPA Kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2017. (IIS).