'

Pelantikan Pengurus Kamabiran dan Kwaran Mantang

Wakil-Bupati-sedang-menyematkan-Tanda-Jabatan-kepada-Kwaran-Kecamatan-Mantang-300x198

Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik, Menyematkan Tanda Jabatan Kepada Kwaran Kecamatan Mantang

BINTAN, Kepritoday.com – Menjelang diberlakukannya zona perdagangan bebas di Asia Tenggara tahun 2015 mendatang, gerakan praja muda karana (Pramuka) dinilai masih punya peran penting untuk menumbuhkan mental berdaya saing anak-anak Bintan. Sebab itu, Wakil Bupati Bintan, Khazalik memberikan perhatian khusus kepada gerakan pramuka yang ada di Bintan.

“Pramuka bisa menjadi medium yang membentuk karakter anak-anak untuk berdaya saing secara kompetitif,” kata Khazalik, yang juga merupakan Ketua Kwartir Cabang Bintan, usai melantik pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Kwartir Ranting gerakan pramuka Mantang masa periode 2014-2017, di aula Kantor Camat Mantang, Selasa (30/9).

Perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan terhadap gerakan pramuka, kata Khazalik, merupakan tindak lanjut tanggap atas penetapan pramuka sebagai ekstrakulikuler wajib di Kurikulum 2013. Untuk itu, segala hal yang berkenaan dengan kemajuan gerakan pramuka di Bintan turut menjadi perhatian pemerintah daerah. “Karena pada Rapat Kerja Kwarcab Bintan selama 2 tahun terakhir, disepakati komitmen bersama untuk terus memajukan pramuka. Salah satunya dengan mengumpulkan seluruh kepala sekolah selau Kamabigus,” kata Khazalik.

Dalam beberapa waktu terakhir, tak pelak, sebagai Ketua Kwarcab Bintan, Khazalik terlihat sibuk menyambangi seluruh kwartir ranting yang ada di Bintan untuk melantik sekaligus mengukuhkan kepengurusan terbaru. Dari 10 kwartir ranting yang ada, tinggal Kwartir Ranting Teluk Sebong dan Tambelan yang belum dilantik. Sementara Kwartir Ranting Mantang, adalah kwartir ranting kedelapan yang dilantik kemarin. “Secepatnya, semua kwaran di bawah kwarcab Bintan akan dirampungkan pelantikan kepengurusannya,” tegas Khazalik.

Penggesaan pelantikan pengurus kwaran ini juga diharapkan Khazalik, mampu kian menggeliatkan kembali organisasi pramuka di Bintan. Sehingga, ke depannya pramuka di lingkungan Kwarcab Bintan mampu mendidik anak-anak Bintan menjadi pribadi yang tangguh, berdisiplin, saleh, bertanggung jawab, dan berdaya saing tinggi. “Itu nilai-nilai karakter yang bisa dibentuk dari gerakan Pramuka,” katanya.

Bahkan, Khazalik juga berpesan kepada pengurus baru agar mampu meningkatkan mutu serta kualitas mental daya saing anggota pramuka di Kwaran Mantang. “Orang yang sukses itu kan orang yang menang dalam persaingan,” tegasnya. Bahkan, saking pentingnya, Khazalik hingga mengulang dua kali pesan tersebut.

Sementara Ketua Kwartir Ranting Mantang yang baru dilantik, Nafriyon, berjanji akan segera menyusun program pramuka di bawah kepengurusannya. Pria yang juga menjabat sebagai Camat Mantang itu juga memperhatikan imbauan Khazalik, agar tiap Kamabigus yang ada di sekolah-sekolah itu sudah harus mengantongi sertifikat kursus mahir tingkat dasar atau KMD. “Itu yang akan jadi program pertama kami,” kata Ketua Kwaran berusia 37 tahun itu. (djo/hum)

Top