Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Bintan Periode 2014 – 2019

41
Lingga
Pelantikan DPRD Kab Bintan
Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan

BINTAN, Kepritoday.com – Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang Parulian Lumbantoruan SH melantik dan mengambil sumpah sebanyak 24 anggota DPRD Bintan dalam rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Bintan masa bhakti, 2014-2019 di gedung DPRD Bintan, Bintan Buyu, Senin (1/9).

Pada pelantikan anggota Dewan tersebut, berdasarkan hasil pemilu legislatif (pileg) bulan April lalu, partai politik peserta pemilu dengan suara terbanyak diraih oleh Golkar dan disusul dengan Demokrat.

Sesuai dengan keputusan partai, Ketua DPRD Bintan sementara ditunjuk Fiven Sumanti dari partai Golkar dan Wakil Ketua Agus Wibowo dari partai Demokrat.

Pada pelantikan anggota DPRD Bintan, satu orang berhalangan hadir yakni Trijono dari partai PDI Perjuangan karena menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Trijono dilantik setelah sepulang dari menunaikan ibadah haji.

Pergantian dari Ketua lama dengan baru ditandai dengan penyerahan palu pimpinan dan buku memori dari Lamen Sarihi kepada Fiven Sumanti dan Agus Wibowo.

Ketua DPRD Bintan yang lama, Lamen Sarihi dalam sambutannya berharap, kepada anggota Dewan yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyongsong Kabupaten Bintan kedepan yang lebih baik.

“Tugas dan amanah yang diberikan kepada anggota DPRD Bintan yang baru adalah untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bintan yang sejahtera, adil dan makmur,” kata Lamen.

Dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Dewan yang baru lanjutnya, tentunya tugas yang dijalankan antara lain melaksanakan kunjungan kerja di dalam dan luar daerah, dialog interakif bersama dengan masyarakat, melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang), melakukan reses menampung asiprasi masyarakat dan sebagainya.

Dari periode 2009-2014 lalu, DPRD Bintan telah menghasilkan 185 keputusan, 50 peraturan daerah (perda) dan menyetujui 5 non perda, antara lain tentang kewajiban pajak otonomi daerah, pengurus utama gender di daerah, penyelenggaraan perlindungan anak, penyelenggaraan publik, hibah dan bantuan sosial.

“Dalam proses perjalanan hubungan dengan DPRD Bintan dan Pemerintah Kabupaten Pemkab Bintan dalam menjalankan pembangunan cukup baik. Kemudian, DPRD Bintan sangat disiplin serta cepat dan tanggap dalam merespon masyarakat. Semoga kinerja anggota DPRD Bintan yang baru dilantik kedepannya lebih optimal untuk kemajuan Kabupaten Bintan,” imbuh Ketua DPD Partai Golkar Bintan ini.

Ketua DPRD Bintan sementara Fiven Sumanti mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan yang telah melaksanakan tahapan pemilu yang baik serta panitia pengawas pemilu dalam mengawasi pemilu di Bintan yang berjalan dengan aman dan lancar.

Gubernur-didampingi-Bupati-sedang-memberikan-selamat-kepada-anggota-DPRD-Terpilih
Gubernur didampingi Bupati memberikan selamat kepada anggota DPRD Bintan Terpilih

Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani, dalam sambutannya berharap anggota DPRD Bintan yang baru dilantik dapat meneruskan program dan kerja yang telah dicapai sebelumnya, kerena keinginan masyarakat setiap hari berubah dan meningkat.

“Oleh karena itu, kita harus berusaha se-opimal mungkin agar mendapat kepercayaan dari masyarakat. Terima kasih kepada masyarakat Bintan dibawah kepemimpinan Bupati Bintan Ansar Ahmnad dan Wakilnya Khazalik yang berhasil membawa Kabupaten Bintan menjadi lebih baik,” imbuh Sani.

Sani dalam kesempatan itu berharap kepada Anggota DPRD Bintan yang dilantik agar bisa memberikan pelayanan yang optimal dan prima. Karena kata dia pelayanan dan pemberdayaan masyarakat merupakan tugas utama anggota DPRD Bintan yang baru kedepan.

“Pembangunan yang kita lakukan juga tidak bisa dilakukan sendiri oleh Gubernur, Bupati maupun DPRD Bintan. Oleh karena itu, partisipasi dan peran aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Bintan yang maju dan sejahtera,” ucap Sani.

Pelantikan anggota DPRD Bintan berjalan lancar dan tertib, turut hadir diantaranya Bupati Bintan Ansar Ahmad, Wabub Bintan Khazalik, Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Sekdakab Bintan Lamidi, Sekdako Tanjungpinang Riono, Kapolres Bintan AKBP Kristiaji, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), unsur Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (FKPD) Bintan dan undangan. (djo/hum)

Comments are closed.