Oscar Jacobus : Pancasila Harus Nyata Dalam Kehidupan Masa Depan Indonesia

BeautyPlus_20160531130009_save_1464709511534

Oscar Jacobus, Ketua Umum ACSU NUSANTARA

BATAM, Kepritoday.com – Tanggal 1 Juni yang diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila dan selanjutnya tahun berikutnya akan ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh Pemerintah.

Oscar Jacobus, Ketua Umum LSM ACSU Nusantara, saat diminta tanggapan mengenai Peringatan Hari lahir Pancasila 1 Juni mengatakan menyambut baik penetapan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah.

“ Pancasila bukan saja dikenang dan di peringati atau hanya dilestarikan, tetapi harus menjadi realitas dalam kehidupan sehari hari. Artinya Pancasila selanjutnya harus  benar benar di lakukan oleh seluruh bangsa Indonesia dan menjadi nyata  hasilnya untuk kehidupan masa depan Indonesia yang sejahtera.” Ujarnya

Sejarah Hari Lahir Pancasila terjadi saat Soekarno, Presiden pertama kita di Indonesia berpidato dalam Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah Konsep dan rumusan awal Pancasila mulai dikemukakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “ Lahirnya Pancaila “ oleh Mantan Ketua BPUPK, Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut.

“ Diharapkan dengan peringatan Hari Lahir nya Pancasila kita masyarakat Indonesia harus bisa menghargai para pendiri negeri ini dan jangan melupakan sejarah, di saat peringatan Hari Lahir pancasila, Pancasila yang mempersatukan kita semua meski berbeda Agama, Suku dan Budaya serta kultur.” Pungkas Oscar. (andri)