Nuryanto Targetkan Seluruh Kepri Jadi Anggota BPJS

nybpjs1

Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto, Targetkan Penduduk Kepri dapat Menjadi Peserta BPJS

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Penjabat Gubernur Kepri Nuryanto menargetkan seluruh penduduk Provinsi Kepri dapat menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Jika saat ini, jumlah peserta BPJS sekitar 63 persen, maka tahun ini diharapkan seluruh masyarakat Kepri dapat menikmati akses kesehatan tersebut.

“ Saat ini, jumlah peserta BPJS kesehatan dan BPJS Tenaga kerja masih minim di Kabupaten Lingga dan Karimun. Kedepan, Saya menargetkan, semua masyarakat Kepri bisa ikut BPJS.” Kata Nuryanto, saat sosialisasi optimalisasi program jaminan sosial melalui mekanisme PTSP dan Paten. Kamis (21/1).

Apalagi, sambungnya, BPJS telah menandatangani kerjasama dengan Kemendagri untuk memfasilitasi kepesertaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) di seluruh Indonesia. Sehingga, nantinya, para camat nantinya ikut mensosialisasikan dan membantu memfasilitasi masyarakat untuk mendapat akses BPJS.

Ditempat yang sama, Direktur Kepesertaan dan hubungan antara lembaga BPJS Kesehatan, Junaedi mengatakan, bahwa BPJS telah dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 100 juta dari 185 juta masyarakat Indonesia yang merasakan manfaat kesehatan tersebut.

“Meskipun kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan disana-sini. Namun demikian, Kedepan kami akan terus meningkatkan pelayanan di seluruh lini kesehatan” Kata Junaedi.

Dalam amanat undang-undang, pemerintah daerah dituntut untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan dan menjaring peserta BPJS. Jika tidak, maka sanksi tegas akan diberikan berupa penonaktifan kepala daerah selama tiga bulan. Jika tetap tidak melaksanakan, maka sanksi pemecatan dapat dijatuhkan kepada kepala daerah yang acuh. (red/hum)

Top