Nurdin Kirim 10 Santri Tahfizh Belajar ke Mesir

KARIMUN, Kepritoday.com – Sebanyak sepuluh santri penghafal Al-Quran dan tilawah akan dikirim Gubernur Kepri Nurdin Basirun ke Mesir. Kesepuluh santri tersebut akan belajar tilawah dan hafalan Al-Quran 20 – 30 juz. Targetnya pada tahun 2020, Kepri sudah memiliki Santri Tilawah dan Santri Tahfizh yang handal di tingkat nasional dan Internasional.

“Saya minta doa kelancaran dan kemudahan dari masyarakat Kepri agar rencana saya mengirim kesepuluh santri ini belajar langsung ke Mesir berjalan sesuai rencana dan target kita. Insya Allah lepas Ramadhan ini,” ujar Nurdin.

Rencana memberangkatkan para santri tersebut disampaikan Nurdin saat melaksanakan Safari Ramadhan di Mesjid Darussalam Kecamatan Tanjungbatu Kabupaten Karimun, Selasa (6/6).

Nurdin menyebutkan para santri tersebut akan belajar selama tiga bulan di Mesir langsung dari ahli tilawah dan tahfizh Mesir. Diantara yang akan mengajar para santri itu Ramahan, Nuwaina, Syeh Mahmud Anwar Sahad. Hal yang sama juga disampaikan Direktur Utama Quran Center Mahadi. Dia mengatakan program pengiriman sepuluh santri tersebut sebagai cara untuk mempersiapkan para santri Kepri yang mengusai hafalan 20 juz – 30 juz. Sebab selama ini Kepri belum mempunyai santri tilawah dan tahfiz 20 juz ke atas.

Tidak itu saja, santri yang akan dikirm itu nantinya juga ada yang belajar tafsir Inggris dan Arab.

“Santri yang kita kirim usia 9.- 15 tahun. Tiga tahun lagi mereka sudah remaja untuk usia 9 tahun dan dewasa untuk usia 15 tahun. Target kita untuk perlombaan di MTQ nasional dan internasional Kepri sudah punya santri-santrj handal,” jelas Mahadi.

Turut serta dalam rombongan safari Gubernur anggota DPRD Provinsi Kepri Iskandarsyah, Bupati Karimun diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab. Karimun Muhammad Tang, Kadis Pariwisata Buralimar, Kadis Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Kaban Kesbangpolinmas Syafri Salisman, Kadis Pemuda dan Olahraga Maifrizon, Kadinsos Doli Boniara, Karo Pembangunan Aries Fhariandi, Karo Humas Protokol dan Penghubung Nilwan, Staf Ahli Gubernur Kepri Samsuardi, Ketua Masjid Al-Muttaqin Alai Muhammad Rosid, Imam Masjid Al-Muttaqin Alai Hadromi dan Ustadz Sofyan. (RZA/Hm).