Menko Maritim Kunjungi Pulau Nipah Yang Mempunyai Nilai Strategis Bagi Indonesia

Poto bersama Menko Bidang Kemaritiman di pulau Nipah di dampingi Gubernur Kepri, Kapolda Kepri, Danlantamal IV, Danrem 033/WP dan jajaran staff Menko Maritim RI

BATAM, Kepritoday.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Maritim RI) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Nipah, Batam, Kepulauan Riau, di dampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI. Aan Kurnia, S.Sos., dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (kunker) peninjauan ke Pulau Nipah, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (02/Februari/2017).

Pulau Nipah (menurut Peta Dishidros TNI-AL), secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Pemping, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Luas wilayah 63 Ha (ketika air laut surut),58 Ha (permukaan air laut rata-rata) 28 Ha (permukaan air laut tertinggi, dan 0,62 Ha ketika air laut pasang. Letak Pulau Nipah ini berada pada koordinat 103 39 04.68” – 103 39 39.384” BT dan 1 8 26.88” – 1 9 12.2014” LU.

Pulau Nipah, merupakan bagian dari gugusan pulau Batam, Rempang, Galang (Barelang), khususnya Pulau Pemping, Pulau Kelapa Jerih, dan Pulau Bulan. Secara geografis Pulau Nipah sangat strategis terletak diantara Selat Philip dan selat utama yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Hal tersebut menjadikan letak pulau Nipah memiliki nilai strategis, karena merupakan pulau terluar milik Indonesia. Dalam perjanjian antara Indonesia dan Singapura pada tanggal 25 Mei 1973 yang telah disepakati, pulau Nipah merupakan titik refrensi dan titik dasar dalam penarikan batas wilayah Indonesia dan Singapura.

Dalam kunjungan di Pulau Nipah, yang merupakan salah satu pulau terdepan RI yang berbatasan langsung dengan negara Singapura, Menko Maritim RI menerima paparan tentang Latar belakang reklamasi Pulau Nipah dan Rencana pengembangan Pulau Nipah oleh Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Pulau Nipah.

Selain itu  Menko Maritim RI Luhut Binsar Pandjaitan beserta rombongan melakukan peninjauan mengelilingi Pulau Nipah untuk mengetahui secara langsung sarana dan prasarana yang ada di Pulau Nipah diantaranya Pos Pantau Posal Pulau Nipah dan mercusuar Pulau Nipah.

Turut mendampingi Menko Maritim RI, Luhut Binsar Pandjaitan dalam kunjungan, Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, Kapolda Kepri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Sam Budi Gusdian, M.H., Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E., Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Fachri, Danguskamlaarmabar Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali, S.E., M.M.,  Kepala Kantor Zone Maritim Barat Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Fredy Rudolf Dicky Egam, Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., Asops Pangarmabar, Danlanal Batam, Asintel Lantamal IV, Dandim 0316 Batam serta para staf Menko Maritim RI. (Ain/Osr).