Menghadapi MEA KSP YBS Akan Jalankan “ Konsep Program Cerdas “

IMG_20160829_114650

Agung Widodo, Ketua Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada (KSP YBS)

TANJUNG.PINANG, Kepritoday.com –  Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada (KSP YBS), dalam menghadapi MEA, akan menjalankan Konsep baru yang diberi nama “ Konsep Program Cerdas “.

Hal tersebut disampaikan Agung Widodo, selaku Ketua Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada, diaula Kantor KSP YBS, jalan WR. Supratman, No. 8-9, Komplek Biram Dewa, Simpang Lima Kota Piring, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Senin, (29/08).

Saat dijumpai Kepritoday.com diruang kerjanya, Ketua Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada, Agung Widodo mengatakan, pelatihan yang kita gelar ini, akan menjadi dasar bagi staff dan anggota koperasi untuk menjadi terampil dan siap diterjunkan ditengah-tengah masyarakat, agar staff dan anggota koperasi mampu menguasai manajemen perkoperasian sebagai modal dasar nantinya memimpin koperasi. Kata Agung.

Agung menjelaskan, pelatihan Internal staf koperasi yang kita gelar ini, yaitu untuk meningkatkan SDM dalam rangka menghadapi MEA. Dalam konteks MEA, pelatihan ini bukan hanya menyangkut pada produk barang saja, tetapi juga pada lembaga keuangan luar negeri yang ikut berkompetisi dalam MEA ini. Jadi, koperasi lokal juga harus mampu bersaing dalam kompetisi ini.

IMG_20160829_114702

Lambang Koperasi Simpan Pinjam Yekti Bina Sembada

“ Jadi, dalam konteks MEA ini, bukan menyangkut pada produk barang saja, melainkan pada lembaga keuangan luar negeri yang sudah ikut berkompetisi, jadi koperasi lokal juga harus mampu bersaing dan ikut berkompetisi menghadapi MEA ini, bukan hanya lembaga keuangan luar negeri saja.“ Jelas Agung.

Ditambahkan Agung, sekarang kan banyak lembaga keuangan luar negeri yang sudah beroperasional di Indonesia, maka dari itu, setiap koperasi lokal harus mampu berkompetisi dalam menghadapi persaingan dengan lembaga besar dari luar negeri. Dan, tidak kalah pentingnya bahwa, banyak lembaga keuangan yang sekarang ini juga bergerak diakar rumput, maka dari itu, Koperasi Yekti Bina Sembada juga bergerak kebawah dengan Konsep Program Cerdas.

Sementara Konsep Program Cerdas ini, nantinya untuk anggota koperasi yang merupakan satu konsep kredit, tanpa agunan, dan konsep ini bentuknya kelompok-kelompok dan Konsep Program Cerdas ini diutamakan bagi anggota-anggota yang baru dan lebih mengutamakan untuk usaha mikro yang tidak mampu berakses ke Bank, jadi pada intinya, bagi anggota yang tidak bisa meminjam ke Bank, langsung kita layani disini.

“ Jadi, Konsep Program Cerdas ini adalah sasaran baru, dan diutamakan bagi anggota-anggota yang baru dan lebih mengutamakan untuk usaha mikro, yang tidak mampu berakses ke Bank, jadi pada intinya, bagi anggota yang tidak bisa meminjam ke Bank, langsung kita layani disini.” Jelas Agung. (djoko)