'

Memperingati HKGB, Dinas Kesehatan dan Pengurus Cabang Bhayangkari Gelar Bermacam Kegiatan

bintan bhayangkari

Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 Tahun 2015 pengurus cabang Bhayangkari Bintan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bintan melaksanakan serangkaian kegiatan di pelabuhan Berakit Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong

BINTAN, Kepritoday.com – Sempena dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 Tahun 2015 pengurus cabang Bhayangkari Bintan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bintan melaksanakan serangkaian kegiatan di pelabuhan Berakit Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong. Sabtu, (26/9)

Hadir juga dalam acara ini Pj Bupati Bintan bersama ibu, Kapolres Bintan bersama ibu serta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Bintan bersama jajarannya, Camat Teluk Sebong, Kepala Desa Berakit dan tokoh masyarakat Desa berakit.

Kapolres Bintan menyampaikan, ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari bhayangkara yang jatuh pada bulan oktober 2015 dan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepolisian kepada masyarakat. Dimana di hari sebelumnya juga ada kegiatan bakti sosial donor darah yang di laksanakan di Polres Bintan beberapa waktu yang lalu.

Di lain kesempatan pada tinjauan itu Doli Boniara memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ibu- ibu Bhayangkari yang memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat Bintan sehingga mereka bisa lebih meningkatkan kesehatannya karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Kepala Dinas Kesehatan Bintan, merespon positif serta menyambut baik rintisan kegiatan Bhayangkari Polres Bintan ini merupakan bentuk kepedulian yang sangat tinggi. Jelas Roem.

Beliau menambahkan, dari Pemerintah daerah Kabupaten Bintan juga sudah melakukan upaya beberapa kegiatan yang telah di laksanakan bersama polres bintan, salah satunya, seperti sunatan massal yg di laksanakan pada bulan puasa yang lalu, serta bentuk kepedulian lain khususnya di bidang kesehatan yang bersifat kegiatan-kegiatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Serta tak lupa pula jaminan pembiayaan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu melalui KBS, jamkesda, serta masyarakat lainnya melalui BPJS.

Oleh sebab itu bentuk-bentuk kepedulian pemerintah daerah kab.bintan khususnya di bidang kesehatan melalui Dinas Kesehatan Bintan dan jajarannya tidaklah berarti apa-apa jika tanpa dukungan instansi terkait dan masyarakat bintan.

Maka itu masyarakat juga harus selalu menjaga kesehatan diri dan juga keluarga dengan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Karena mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati. Serta selalulah memakan makanan yg halallantoyiban, makanan yang halal dan baik.

Sedangkan Animo masyarakat sendiri pada kegiatan bakti sosial Bhayangkari berupa pengobatan massal ini cukup baik, dari target yang direncanakan sebanyak 200 orang, yang hadir dan di beri pelayanan sebanyak 208 orang. Selain memberikan pelayanan pengobatan dari pihak polres bintan juga menyediakan bingkisan sembako bagi masyarakat yg datang berobat.

Dari seluruh masyarakat yang datang berobat mayoritas berasal dari desa berakit dan pengudang Kecamatan Teluk Sebong dan ada juga beberapa dari desa dan kelurahan lain diluar desa berakit dan pengudang. Hampir 70% dari masyarakat yang mendapatkan pelayanan adalah lansia, 20% balita dan anak-anak dan 10% nya lagi usia produktif.

Dalam pelaksanaan pengobatan masal ini, Dinas Kesehatan Kab. Bintan mengerahkan 7 orang tenaga dokter umum, dan 10 org tenaga paramedis, serta juga membantu menyiapkan obat – obatan dan beberapa peralatan utk pemeriksaan.

Sedangkan dari Polres Bintan bersama jajarannya dibantu masyarakat setempat menyiapkan segala fasilitas lainnya seperti tempat pelaksanaan dan lain – lain. Serta juga membantu sebagian obat – obatan untuk kegiatan tersebut.

Pada pelaksanaan ini ibu – ibu bhayangkari dengan ihlas, kompak dan semangat melaksanakan kegiatan ini yang di Komandoi istri dari Kapolres Bintan andil langsung dalam pemeriksaan kesehatan masyarakat berakit, karena selain berstatus ibu bhayangkari, beliau jg berprofesi sebagai dokter umum.

Top