Lomba Perahu Jong dan Sampan Layar Dilepas Gubernur, Disambut Menteri

emenpar4TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Sebanyak 345 peserta mengikuti Lomba Perahu Jong dan Sampan Layar sempena Festival Bahari Kepri (FBK). Gubernur Kepri. H. Nurdin Basirun melepas para peserta di Anjung Cahaya, Tanjungpinang, Sabtu (29/10) pagi.

Setelah dilepas, mereka mengitari Pulau Penyengat. Peserta yang mengikuti babak penyisihan ini terdiri dari 345 peserta yang berasal dari berbagai kawasan di Kepri. Masing-masing lomba di bagi  dalam beberapa saf, saf 12 jumlah peserta nya 12, saf 9 berjumlah 9 peserta, saf 7 berjumlah 7 peserta, saf 5 berjumlah 5 peserta dan saf 3 berjumlah 3 peserta.

Di tengah acara lomba berlangsung hujan dan angin mulai berdatangan.  Gubernur Nurdin meninjau langsung tempat lokasi perlombaan di perairan Pulau Penyengat menggunakan kapal pompong.

Gubernur Nurdin selalu bahagia dengan aktivitas lomba jong dan perahu layar ini. Dia selalu menggali lagi kenangan-kenangan terkait dengan dunia kemaritiman. Termasuk teknologi yang sudah dimiliki masyarakat kelautan di Kepri.

Menurut Nurdin, tanpa remote kontrol, tanpa kecanggihan internet, masyarakat kelautan di Kepri sudah bisa mengendalikan perjalanan perahu jong dari satu titik ke titik lainnya.

“Teknologinya ada di sini,” kata Nurdin sambil menunjuk hatinya.

Usai lomba, para peserta langsung disambut Menteri Pariwisata Arief Yahya. Bahkan Menteri ikut menyerahkan piala kepada para pemenang. (RZA/Hm)

 

Top