Lemahnya Pengawasan Petugas Di Pelabuhan Tikus Dapat Memudahkan Keluar Masuknya Barang Ilegal

IMG_9898

Salahsatu Pelabuhan Tikus Yang Sedang Beraktifitas diwilayah kawasan Tanjung Riau Sekupang, Yang Tidak Jauh Dari PT. Nongsa Jaya Buana, batam

BATAM, Kepritoday.com – Di beberapa sudut kota Batam banyak dijumpai pelabuhan-pelabuhan kecil tersembunyi atau yang biasa di kenal dengan nama pelabuhan tikus.

Saat media ini melakukan investigasi di salah satu pelabuhan tikus yang berada di wilayah kawasan Tanjung Riau Sekupang, yang tidak jauh dari PT Nongsa Jaya Buana (NJB) .

Dari hasil pantauan terlihat kapal-kapal sedang melakukan aktifitas bongkar muatnya dengan tidak adanya petugas dari instansi terkait yang berjaga –jaga serta mengawasi keluar masuk bongkar muatnya kapal kapal tersebut.

Hal ini dapat memudahkan keluar masuknya serta penyelundupan barang-barang illegal .

Menurut salah seorang sumber yang tidak mau namanya disebutkan mengatakan, kegiatan ini sudah berlangsung lama dan aman tanpa adanya pantauan aparat petugas keamanan, Kantor Pelabuhan juga petugas bea dan cukai.

” Sudah hal biasa melakukan bongkar muat, tanpa takut akan ditindak aparat berwajib. Menurutnya asal ada komunikasi dengan pihak tertentu, maka dijamin tidak ada gangguan, “

“Biasa, semua sudah jadi kawan,” Katanya lagi

Sementara itu, saat awak media ini menanyakan langsung kepada petugas Kepolisian Air (Polair) Polda Kepri yang kebetulan tidak jauh dari tempat aktivitas pelabuhan tikus tersebut , mereka membenarkan dan mengetahui keberadaan pelabuhan tersebut.

Namun saat dimintai keterangan lebih lanjut ,pihak petugas justru menyarankan untuk meminta keterangan kepada pihak kantor Bea dan Cukai.

“Silahkan tanyakan saja ke Bea Cukai ,” kata salah seorang petugas piket kepada awak media ini. (Oscar)

Top