Kunjungan Kerja Jajaran Kementerian RI ke Natuna Dalam Rangka Kegiatan Gerbangdutas 2017

Gubernur Kepri Poto Bersama Rombongan Menteri Setelah Meresmikan Peluncuran Perdana Bus Damri Rute Bandara –Ranai

NATUNA, Kepritoday.com – Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Jenderal TNI Pur. Wiranto, bersama jajaran rombongan Kementerian lainnya antara lain : Menhan Ryamizard Ryacudu, Mendagri Cahyo Kumolo, Men PUPR  Basuki Hadimuljono, Menkominfo Rudiantara,Menhub Budhi Karya, Kasum TNI Laksda TNI Didit Herdiawan, Wakasad Mayjen TNI Erwin Syafitri, Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Suminta Admaja,Wakasal Laksda TNI A. Taufiq Rahman, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumantri, dan Asop Kapolri Irjen Pol. Unggung Cahyono.

Kunjungan Kerja Jajaran Kementerian RI ke Kabupaten Natuna, dengan menggunakan Pesawat TNI AU A 7305 dalam rangka kegiatan Gerbangdutas Tahun 2017, di Wilayah Kabupaten Natuna. Rabu (08/03/2017).

Rombongan disambut oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Danlantama IV Laksma TNI S. Irawan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Kabinda Kepri Brigjen TNI Stevanus Selfanus, Danguskamlabar Kol Laut (p) Bambang. Bupati Natuna Hamid Rizal, Wakil Bupati Natuna Ibk. Ngesti Yuni Suprapti, Sekretaris BNPP Radi Prabowo. Serta FKPD Natuna.

Selanjutnya rombongan Menteri menuju VIP Room Lanud Raden Sadjat dan meneruskan perjalanan ke Gedung Serindit jalan Yos Sudarso Ranai kecamatan Bunguran timur untuk mengikuti kegiatan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2017 dengan tema ” Percepatan Pembangunan Kawasan Perbatasan Negara Untuk Menjadikan Beranda Depan NKRI yang aman, maju, sejahtera dan berdaya Saing”

Dikesempatan tersebut Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada rombongan Menkopolhukam yang telah hadir di Kabupaten Natuna dalam rangka kegiatan Pencanangan Gerbangdutas tahun 2017 di Natuna. Program ini merupakan program dari pemerintah indonesia dengan nawacita dengan membangun dari pulau terluar Indonesia.

Letak Geografis Kepri khususnya Kabupaten Natuna yang merupakan wilayah perairan memiliki banyak potensi yang bagus, dengan pembangunan yang dilakukan di Kepri ini diharapkan dengan berjalannya program ini akan membawa kemajuan yang lebih di kab. Natuna.

“Diharapkan agar anak anak kepulauan khususnya Kepri diberikan prioritas khusus dalam mengikuti selesksi Akpol/Akmil maupun sekolah akademi lainnya agar dapat menjadi contoh bagi pelajar yang lain dengan harapan dapat menjadi perwakilan pemimpin dari tanah melayu.” kata Nurdin

Rombongan Menteri Saat Tiba Di Lanud Raden Sadjat Menggunakan Pesawat TNI AU A 7305

Berikutnya sambutan Sekretaris BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) mengatakan, semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan menjadi momentum upaya percepatan pembangunan daerah perbatasan sesuai dengan program pemerintah pusat yaitu Nawacita nomor 3( tiga) dengan di canangkannya kegiatan ini merupakan sebagai awal dimulainya program pembangunan kawasan perbatasan negara yang terpadu dan serentak.

Dalam kesempatan itu juga, Menkopolhukam Jendral TNI Purn. Wiranto selaku Pengarah BNPP menyampaikan sambutannya bahwa, Saat ini Kabupaten Natuna sudah memiliki banyak kemajuan itu sebagai tanda bahwa indonesia memiliki kemajuan dengan pembangunannya, kegiatan Gerbangdutas ini merupakan fase baru dalam pembangunan yang perlu di syukuri karena kita bisa menjawab Nawacita ke 3 yaitu membagun indoensia melalui perbatasan.

Ide ini merupakan janji Pemerintah Indonesia yang telah di aplikasikan secara nyata, pembangunan harus di mulai dari Perbatasan dikarenakan banyak anggapan bahwa yang di perbatasan akan terlupakan untuk itu Pembangunan di mulai dari perbatasan dengan tujuan:

Pertama, dari sektor keamanan dapat menjadi tempat masuk bagi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan negara.

Kedua, dari sektor kesejahteraan masyarakat harus merata dan dirasakan seluruh masyarakat seperti contoh harga minyak yang merata untuk seluruh Indonesia.

Dan ketiga, dari sektor pelestarian lingkungan bahwa indonesia merupakan salah satu paru-paru dunia untuk itu kita harus melakukan pembangunan dengan tujuan pelestarian lingkungan.

Sebagaimana sambutan yang disampaikan oleh presiden RI bahwa perbatasan bukan hanya sebagai pos lintas batas namun perbatasan merupakan harga diri indonesia untuk itu pemerintah indonesia menginginkan pembangunan di wilayah perbatasan yang baik dan bila memungkinkan bisa melebihi  negara lain, kepada Pemerintah daerah diharapkan kerjasamanya dalam menyelesaikan program yang telah di susun oleh pemerintah pusat.

Dilanjutkan dengan Pencanangan Gerbangdutas tahun 2017 di Ranai dengan rangkaian acara pemukulan gong dan pembukaan selubung program, Penyerahan secara simbolis daftar program dan kegiatan kepada Gubernur dan Bupati Natuna, Penandatanganan prasasti hasil pelaksanaan kegiatan tahun 2016 di Kabupaten Natuna, Penyerahan Piagam dan Bantuan HP serta GPS kepada 10 perwakilan Nelayan oleh Menkopolhukam dan dilanjutkan foto bersama, dan dialog Menteri dan Kasum TNI serta Gubernur Kepri dengan Masyarakat.

Dalam kunjungan itu juga Menkopolhukam meresmikan peluncuran Perdana Pengoperasian Bis Damri  rute Bandara – Ranai. Serta melakukan peninjauan Palapa Ring Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bungtim, Peninjauan Sarana dan Prasarana Terminal Bandara Ranai, Peninjauan sarana dan prasarana Pelabuhan Roro Penagih Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur. (Ain/Osr)