Kube Nila Mandiri Panen Ikan Nila Bersama Bupati Bintan

Bupati Bintan, Apri Sujadi, saat Memanen Ikan Nila di Kube Nila Mandiri

BINTAN, Kepritoday.com – Bupati Kabupaten Bintan, Apri Sujadi, S. Sos, melakukan panen Ikan nila di keramba milik Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Nila mandiri yang terletak di RT. 02 RW. 07 kelurahan teluk lobam, minggu (12/3) siang, Kube yang telah berdiri sejak tahun 2014 telah memiliki benih yang disebar ditiga kolam air tawar sebanyak 4000 ekor dibagi dalam dua tahap.

Awal berdirinya KUBE dikatakan ketua KUBE Nila Mandiri, Aguspriyanto, tidak memfokuskan pada pembudidayaan ikan Nila, masih mencoba membudidyakan ikan lele, dengan banyaknya permasalahan yang terjadi mulai dari pemeliharaan yang cukup sulit maka dialihkan menjadi budidaya ikan nila,” dikatakan Aguspriyanto

“Budidaya Nila tidak sesulit Ikan lele, cukup di beri pakan yang cukup maka ikan akan berkembang biak dan ikan nila juga cukup kuat dan tidak rewel”

“Kami berharap kepada pemerintah daerah dapat membantu dalam pengembangan pembudidayaan serta terkait pemasaran juga agar dapat difasilitasi, selama ini pemasaran sedikit terkendala, jadi para pelaku kube sedikit ragu untuk melakukan pembudidayaan dalam jumlah banyak,” ungkapnya

Bupati Bintan dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasikan kepada kelompok usaha bersama (KUBE) Nila mandiri yang telah dapat membudidayakan ikan nila dengan cukup berhasil, panen ikan nila yang kita lakukan ini sangat membuahkan hasil yang cukup baik terlihat dari ikan-ikannya yang sehat, tentunya kita juga berharap kube-kube yang lainnya dapat mengembangkan tambak kolam ikan air tawar.

Lanjut Bupati, untuk hal pemasaran ikan air tawar sebenarnya juga sangat luar biasa, terlihat dari permintaan pasar yang cukup banyak, namun perlunya dilakukan pembinaan terkait pemasaran kepada seluruh kube-kube yang ada di kabupaten bintan agar mereka tidak ragu lagi untuk membudidayakan dalam jumlah banyak, pemerintah akan terus melakukan suport terhadap pelaku KUBE karena budidaya seperti ini diyakini dapat menambah perekonomian masyarakat, bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan,” Tutupnya. (red/MC)