KTA 2014 Diikuti 200 Peselancar Internasional Dari 37 Negara

tour bintan

Indahnya Pantai Trikora Bintan, Aman Untuk Berselancar

BINTAN, Kepritoday.com : Bupati Kabupaten Bintan, H. Ansar Ahmad, SE.MM, membuka secara resmi kegiatan Kitaboard Tour Asia (KTA) tahun 2014 di Pantai Trikora, Malang Rapat. Even yang diikuti oleh 200 peselancar dari 37 negara, akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 26 Januari 2014.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan kesusksesan KTA ini berbasis kepada kesusksesan tahun tahun 2013, semua ini bisa terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Bintan dan Bintan Agro Resaort, dengan mengambil lokasi pantai trikora.

“Ini merupakan kegiatan yang bertarap  internasional pertama dilaksanakan pada tahun 2014. Pemerintah Kabupaten Bintan sangat senang menyiapkan lokasi lomba di pantai Trikora ini,” ujar Ansar.

Kegiatan  KTA 2014 merupakan event pariwisata yang  memberikan dampak ekonomi yang signifikan, baik secara mikro maupun makro. Karena kedatangan turis akan bertambah, dengan bertambahnya jumlah peserta lomba.

“Dengan meningkatnya jumlah peserta, meningkatkan jumlah kedatangan turis asing, meningkatkan promosi keindahan pariwisata Bintan, dan utamanya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Sutioso, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan memperkirakan peselancar dari mancanegara akan terus berdatangan. Menurut Sutioso,  sebanyak 200 peselancar lebih sudah mendaftar.  Sekitar  200 peselancar akan mengambil bagian dalam kegiatan ini,  diharapkan sedikitnya akan mendatangkan wisatawan sebanyak 400 orang, karena setiap peserta bersama dengan official.

Jenis perlombaan yang paling banyak diikuti adalah free style, disusul rest, dan terakhir di hanging atau ketahanan.

“Mereka juga akan mencoba untuk bermain malam. Untuk harinya belum ditentukan, masih menunggu informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), juga masih koordinasi dengan tim pengamanan di laut,” ujar Sutioso

Selain perlombaan ada permainan dimalam hari berupa aktraksi selancar dengan menggunakan lampu, sekedar atraksi bukan termasuk dalam lomba.

Kegiatan KTA tahun 2014 memperebutkan total  hadiah senilai 400 juta rupiah. Ada yang berupa benda maupun dalam bentuk uang, dari berbagai jenis dan kategori lomba.

“Tahun ini ada penambahan peserta dari Eropa, karena mereka mendengar lokasi kita bagus, maka mereka menjajagi dan mencoba pantai Trikora ini. Dan komentar mereka sangat indah dan anginnya menantang,” jelas Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bintan

Masih menurut Sutioso, peserta KTA tahun 2014 mengalami peningkatan yang segnifikan dibandingkan tahun 2013 lalu. Peserta pada tahun 2014 meningkat sekitar 120 peselancar yang pada tahun 2013 hanya diikuti 80 peselancar saja. Sutioso mengharapkan untuk tahun depan akan lebih banyak lagi pesertanya, karena kesuksesan pelaksanaan merupakan promosi secara internasional. (edi/indra/joko)