KRI Bima Suci Berlabuh di Batam

Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji, saat menjelaskan kapal KRI Bima Suci kepada awak media Batam.

BATAM, Kepritoday.com – Kehadiran Kapal KRI Bima Suci di pelabuhan Batu Ampar Batam, yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia sebagai kapal latih, banyaknya warga Batam berdatangan ingin melihat secara langsung kapal yang sudah berlabuh di 5 negara. Kapal KRI Bima Suci ini diluncurkan pada 18 September 2017

Aktivitas warga di pelabuhan maupun diatas kapal KRI Bima Suci selain ingin melihat secara dekat, namun juga menjadi ajang berselfie ria bersama teman, maupun keluarga.

Menurut Komandan kapal KRI Bima Suci, Letkol Laut. (P) Widyatmoko Baruno Aji, saat ditemui awak media menjelaskan tentang kapal KRI Bima Suci tersebut.

“Kapal Bima Suci adalah kapal layar latih, kepunyaan Indonesia baru di buat di vigul spanyol, kapal ini memiliki panjang 111 meter, lebar 13,5 meter dan akomodasi maksimal 203 personil, dan memiliki 26 layar,” kata Baruno Aji.

“Tugas-tugasnya ada 3 yaitu yang pertama, sebagai kapal latih Taruna Angkatan Laut, yang kedua pengemban diplomasi negara, yang ketiga mengenalkan budaya Indonesia di luar negeri,” jelas Baruno Aji, Jumat (08/12/2017).

“KRI Bima Suci yang pertama baru operasi penyebrangan, Kartika Jala Krida, pelayaran dari Vigo Spanyol menuju Jakarta Indonesia, dari Spanyol route yang dilalui Vigo, Roma Italia, Korsel, Sudan, Colombo, Padang, kemudian Jakarta, dari Jakarta ke Sabang, dari Sabang ke Batam dan ke Surabaya,” terangnya.

“Kita di Batam selama 3 hari, dari hari minggu, jam 09 pagi, kita kembali ke pangkalan Surabaya,” ungkapnya.

“KRI Bima Suci penerus generasi dari KRI Dewa Ruci, penerus kapal latih setelah Dewa Ruci,” ujar Baruno aji

Mengenai personil yang ada di kapal KRI Bima Suci, Baruno Aji mengatakan, bahwa yang ada di kapal KRI Bima Suci ada 95 taruna , 66 prajurit AL.

“Kapal Bima Suci ini bisa melatih generasi muda bangsa Indonesia, dan taruna Akademi Angkatan Laut, untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” jelasnya lagi.

“Untuk KRI Dewa Ruci tetap masih berlayar, hanya terbatas untuk di perairan Indonesia saja,” kata Baruno Aji saat mediakepritoday.com¬†menanyakan KRI Dewa Ruci.

“Saya sangat bangga, antusiasme masyarakat Batam, berarti kecintaan masyarakat Batam, terhadap TNI AL sangat besar, dan diharapkan ada kinerja atau timbal balik TNI AL makin dicintai oleh masyarakat Batam.” pungkasnya. (Budi/Osr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top