Kepri Juara 2 STQ Nasional

TARAKAN, Kepritoday.com – Provinsi Kepulauan Riau meraih juara umum kedua pergelaran Seleksi Tilawati Quran (STQ) Nasional 2017 di Tarakan. Kepri hanya terpaut 13 poin dari DKI Jakarta yang kembali mempertahankan juara umum.

“Alhamdulillah,” kata Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah yang menghadiri penutupan STQ Nasional 2017 di Islami Center Tarakan Kalimantan Utara, Jumat (21/7) malam.

Berdasarkan hasil keputusan Dewan Hakim STQ Nasional 2017 Tarakan, setelah Jakarta dan Kepri, peringkat ketiga diraih Provinsi Jawa Tengah. Kalimantan Timur meraih peringkat keempat. Banten ada di peringkat kelima. Sedangkan Provinsi Sumatra Barat dan Utara ada di peringkat keenam. Disusul Aceh dan Kalimantan Utara pada peringkat ketujuh, Provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Selatan ada di posisi kedelapan, lalu ada Jambi dan Kalimantan Barat di peringkat sembilan, serta Jawa Timur, Papua, dan Nusa Tenggara Barat di peringkat ketujuh.

Arif Fadillah yang hadir ditengah-tengah kafilah pada malam penutupan memberikan apresiasi kepada seluruh peserta, termasuk ofisial dan pelatih dan semua pihak yang telah terlibat secara totalitas bagi kafilah Kepri untuk STQN XXIV 2017 di Tarakan ini.

“Alhamdulillah. Menempati posisi II secara Nasional adalah bukan hal yang mudah. Semua Provinsi ingin menjadi yang terbaik. Dan sekali lagi patut kita syukuri dan banggakan karena Kepri berhasil meraih peringkat II, di bawah DKI Jakarta. Kami ucapkan selamat kepada seluruh tim yang tergabung di kafilah Kepri. Yang kita raih ini adalah hasil kerja keras dan sungguh-sungguh tentunya,” kata Arif.

Sebelumnya Gubernur H Nurdin Basirun juga telah mengatakan bahwa Kepulauan Riau adalah sebuah Provinsi baru di Indonesia yang sangat konsent dalam bidang keagamaan. Bahkan sebagai Provinsi baru, dalam bidang keagamaan Kepri perbah menjadi juara umum di ajang MTQ Nasional yang diselenggarakan di Kota Batam pada tahun 2014.

“Di ajang seperti ini semua Provinsi ingin menjadi juara. Termasuk kita, Provinsi Kepri. Namun juara bukanlah target utama kita, karena yang utama adalah bagaimana generasi kita bisa menjaga dan mengamalkan Al Quran tersebut. Kalau tidak juara, setidaknya kita bisa membawa pulang prestasi yang tidak mengecewakan,” kata Gubernur kepada wartawan pada malam pembukaan STQN 2017 di Kota Tarakan seminggu sebelumnya.

Ketua Kontingen Kafillah Kepri KH Azhar Hasyim menyebutkan, ada tiga qori qoriah Kepri yang berhasil meraih peringkat pertama pada STQ kali ini. Mereka adalah H Awaluddinuntuk Tilawah Dewasa Putra, Suhartini untuk Hafiz Al Quran 10 Juz Putri dan Azroi Sitorus Hafiz Al Quran 20 Juz Putra.

Azhar Hasyim menambahkan, kafilah Kepri tidak bisa menurunkan kekuatan penuh pada STQ kali ini. Hanya 14 qori dan qoriah bisa turun, karena beberapa di antaranya ada yang sakit. Dari 14 qori qoriah itu, dua di antaranya meraih peringkat dua. Mereka adalah M Rifki Hawari yang meraih posisi kedua untuk tilawah anak-anak putra dan Siti Jazila Avara yang meraih posisi kedua untuk hafiz 5 Juz putri. (RZA/Hm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top