Kemenhan Gelar FGD Bersama Kesbangpol Kepri

*Bahas Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Kesadaran Bela Negara

TANJUNGPINANG, Kepritoday.com – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang ) Kementerian Pertahanan RI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di kantor Badan Kesbangpol Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (19/4).

FGD ini dilakukan guna melihat evaluasi hasil penyelengaraan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) tahap I yang telah dilakukan pada tahun 2015 silam di Mako Lantamal IV, Tanjungpinang.

FGD juga dilakukan untuk melihat dan melakukan evaluasi sudah sejauh mana hasil pelaksanan PKBN tersebut di kota Tanjungpinang. Baik kurikulum, instruktur, output, pelatihan fisik, teori dan praktek serta lamanya kegiatan dan juga hasil lainya.

“Balitbang perlu mendapatkan informasi langsung dari para peserta rapat ini,” ungkap Kabid SDM Puslitbang Sumdahan Balitbang Kemenhan RI Dra. Ambar Pramudyanie, M.Si dihadapan peserta FGD.

FGD ini diikuti utusan dari kaster Korem 033/WP Kolonel Marpaung, Kesbangpol Kota Tanjungpinang, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri, jajaran dosen UMRAH, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mantan kader bela negara asal Tanjungpinang , mantan panitia PKBN dari Lantamal IV Tanjungpinang serta kabid Idwasbang Kesbangpol Drs. Syamsir dan Kasubid Ketahanan Ideologi Sugiarto Doso, S. Sos.

Diskusi diawali dengan pengisian kuesioner yang telah di siapkan pihak Balitbang. Tim Balitbang Kemenhan RI berjumlah 7 orang. Baik dari sipil maupun Militer. Usai melakukan FGD dilanjutkan peninjauan ke Makorem 033/WP dan penelitian lapangan di kampus UMRAH serta peninjauan kawasan pemukiman nelayan. (RZA/Hm).