Kemenag Kabupaten Padang Pariaman Buka Pembinaan Operator Sistem Informasi KUA

Kepala Subbag TU Kankemenag Padang Pariaman, H. Syafrizal membuka secara resmi kegiatan pembinaan operator sistem informasi KUA di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

PADANG PARIAMAN, Kepritoday.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT) di Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan kegiatan pembinaan operator sistem informasi KUA di Hotel Minang Jaya, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Pembinaan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Subbag TU) Kankemenag Padang Pariaman, H. Syafrizal dengan mengambil tema “Melalui pembinaan web Simkah online kita tingkatkan mutu pelayanan nikah rujuk di KUA Kecamatan Kabupaten Padang Pariaman”.

Kasubbag TU) Kankemenag Padang Pariaman, H. Syafrizal berharap agar semua KUA di Kabupaten Padang Pariaman menerapkan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“KUA merupakan ujung tombak pelayanan nikah maka dari itu sumbaer daya operator Simkah haruslah terus ditingkatkan,” tegas H. Syafrizal.

Selain itu, tambah mantan Kasi PD dan PP itu, pemberlakuan PP Nomor 19 Tahun 2015 haruslah menjadi acuan dalam melaksanakan pelayanan nikah. Jangan ada yang melanggar aturan karena setiap pelanggaran ada sanksinya

“Pada zaman teknologi informasi yang semakin berkembang maka selayaknya setiap pegawai terutama operator Simkah dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan itu,” jelasnya.

H. Syafrizal juga menambahkan, semua Kepala KUA harus bisa menggunakan komputer dan tidak hanya mengandalkan operator saat melakukan pelayanan sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu.

“Semua peserta mengikuti kegiatan pembinaan tersebut dengan baik agar dapat bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditentukan,” tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) Kankemenag Padang Pariaman Suhendrizal mengatakan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operator Simkah yang bertugas di KUA yang tersebar di Padang Pariaman dalam menggunakan website Simkah guna mewujudkan Simkah berbasis website.

“Kegiatan pembinaan ini dilaksanakan selama satu hari dengan narasumber Kabid Urais Binsyar Kanwil Kemenag Sumbar, H. Syamsuir dan jumlah peserta sebanyak 37 orang yang terdiri dari Kepala KUA, operator KUA dan penghulu dengan rincian 17 orang Kepala KUA, 17 orang operator Simkah dan dua orang penyuluh serta satu orang penghulu”

papar Suhendrizal yang juga merupakan ketua panitia kegiatan tersebut. (Mudawar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top