Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan Siap Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan

BINTAN, Kepritoday.com – Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, S.STP, menegaskan bahwa persiapan Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan guna mewakili Kabupaten Bintan, dalam kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepri 2017 sudah sangat siap. Menurutnya, beberapa aspek keunggulan dari Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan akan menjadi nilai tambah dalam memenuhi aspek penilaian lomba.

” Secara keseluruhan Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan sangat siap untuk penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tk. Provinsi Kepri Tahun 2017. Rencananya dalam waktu dekat, Tim Juri dari Prov Kepri akan turun dan kita akan memberikan yang terbaik.” ujarnya optimis.

Ditambahkannya juga, bahwa berdasarkan Permendagri Nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan akan meliputi 3 aspek bidang yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

” Kelurahan Toapaya dan Desa Toapaya Selatan merupakan Desa dan kelurahan Terbaik dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2017, di Kelurahan Toapaya Asri beberapa keunggulan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat seperti Program Website Kelurahan yang memiliki beberapa content terkait data masyarakat, perpustakaan on-line, program Whatsapp Kelurahan serta pelayanan administrasi pemerintahan secara on-line sangatlah bermanfaat bagi masyarakat diera modern sekarang. Sedangkan Desa Toapaya Selatan sudah bisa memproduksi Pupuk Organik tersendiri dengan memanfaatkan Limbah ” ujarnya, Minggu pagi. (11/6).

Sedangkan Lurah Toapaya Asri, Arief Sumarsono menambahkan, bahwa dirinya menggagas penggunaan program Website Kelurahan, guna mendorong masyarakat Toapaya Asri untuk menjadi warga Kelurahan yang melek IT (Informasi dan Teknologi). Program web kelurahan dikelola secara baik oleh aparatur kelurahan, dimana web memiliki content yang sangat membantu keperluan masyarakat.

”Semua pelayanan administrasi Kelurahan hanya tinggal klik www.tuapayaasri.com, beberapa content yang disiapkan meliputi pelayanan administrasi kelurahan, data masyarakat, pelayanan wifi gratis, program Whatsapp Kelurahan bahkan kita juga menyiapkan content data bank darah dan juga perpustakaan online yang terkoneksi langsung dengan Perpustakaan Nasional RI.” ujarnya.

Kabid Pengembangan Masyarakat Desa Dinas PMD, Kabupaten Bintan, Zamir Ambiya A Razak menuturkan, bahwa syarat mutlak untuk mengikuti lomba desa/kelurahan adalah harus memiliki profil desa/kelurahan sesuai dengan Permendagri Nomor 12 tahun 2007 tentang penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan. Untuk Kelurahan Toapaya Asri bahkan sudah memiliki profil kelurahan berbasis online sesuai dengan Website www.tuapayaasri.com.

‘’Kegiatan ini menjadi motivasi bagi desa/kelurahan di Kabupaten Bintan untuk memperbaiki profil desa serta pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik ” tutupnya. (Djo/MC).

 

 

Top